5 Maret 2021

Yuk Belajar Tenun, Untuk Melestarikan Budaya NTB

Tenun NTB bukan lagi sekedar kain sebagai bahan pakaian. Tenun NTB jauh lebih berharga dari hal itu. Sejarah provinsi tercinta ini tersimpan dalam sejarah tenun NTB. Banyak yang belum paham, namun fakta sejarah NTB memang terekam dalam selembar kain tenun khas NTB.

Melestarikan budaya tenun, berarti mempertahankan akar budaya NTB. Terus merekam sejarah bersama kain tenun NTB. Kearifan nenek moyang kita di NTB akan terus abadi jika para penggiat tenun NTB dan kita semua terus berkarya melestarikan tenun khas NTB ini.

Berangkat dari pemikiran tersebut, para penggiat tenun Sumbawa berkesempatan beranjangsana ke perusahaan tenun Sentosa Sasak Tenun – Pringgasela Lotim. Mereka belajar bersama, menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM), stimulus dari Disperin NTB Tahun 2019 lalu.

Kawan2 penggiat tenun Sumbawa berkesempatan belajar atas fasilitasi Dinas Perindustrian Provinsi NTB, dibawah bimbingan Lalu Lutfi, ST., M.Si, selaku Kepala Bidang Industri Kreatif, Sandang dan Kerajinan Disperin NTB. Membuka magang tenun ATBM secara resmi, mewakili Kepala Disperin NTB, di Pringgasela – Lotim.

Aktifitas kawan2 IKM tenun Sumbawa ini patut diapresiasi dengan baik. Jauh menyeberangi laut untuk belajar menggunakan ATBM dari sang ahli. ATBM sebagai salah satu metode untuk terus merekam sejarah NTB dalam motif tenun NTB yang khas dan indah. Ibarat pohon, tenun NTB ini adalah akar dari pohon industrialissasi NTB. Tanpa akar, yang kuat apalah artinya sebuah pohon yang kuat.

Yuk belajar tenun. Menuju NTB Gemilang.

#NTBLawanCorona

#Industrialisasi

#CintaidanBeliProdukNTB

#PertumbuhanIndustri

#IKMnaikKelas

#NTBMandiridanSejahtera

#NTBGemilang

#DariNTBuntukIndonesia