22 April 2024

Pelaksanaan Rapat Persiapan JUMAT SALAM dan JUMAT BELONDONG (Bekereng)

Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Nuryanti, SE., ME. Menghadiri Rapat persiapan jum’at salam dan jum’at belondong (bekereng) di Ruang Rapat Anggrek.

Rapat dipimping oleh Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda NTB H. Sahnan M. Pd. Bersama dengan OPD lingkup pemerintahan provinsi NTB.

Launching jum’at salam akan dilaksanakan pada hari jum’at 27 Oktober 2023 di Lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur NTB yang dirangkai dengan kegiatan senam pagi. Diharapkan pada moment ini seluruh kepala OPD mengenakan Londong (kereng).
Adapun JUMAT SALAM (Jumpai Masyarakat, Selesaikan Persoalan Masyarakat) OPD Lingkup Pemprov NTB akan turun menemui masyarakat untuk membahas dan menyelesaikn persoalan yang terjadi dilingkungan tersebut sekaligus menganalisa potensi yang terdapat di sekitarnya.
Dilanjutkan dengan Jumat Belondong yang dimana Semua pejabat ASN yang turun pada kegiatan Jumat Salam ketika sholat jumat wajib mengenakan londong/kereng buatan pengerajin lokal. Kedua program ini ditujukan untuk memberikan triger kepada masyarakat untuk kembali bangga mengenakan produk lokal dan menjaga kearifan budaya bersarung di Indonesia. Desa yang diagendakan untuk dikunjungi oleh Penjabat Gubernur dalam Kunjungan pertama jum’at salam pada tanggal 27 Oktober 2023 adalah Desa Kebon Ayu kec Gerung kab Lombok Barat. Kepala Karo Kesra Setda NTB mengarahkan masing-masing OPD untuk segera menyiapkan materi kunjungan dan melihat potensi desa yang akan diangkat sebagai tema dalam jum’at salam.