5 Maret 2021

Kunjungan ke Cibaduyut, Nuryanti Gagas Kerjasama terkait Industri Kerajinan Kulit

Cibaduyut, sebagai salah satu sentra kerajinan kulit dan sepatu di Bandung, Jawa Barat menjadi salah satu tujuan kunjungan Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Nuryanti, SE., ME pada Senin, 141220.

NTB yang saat ini mulai fokus pada pengembangan kulit dan industri turunannya, terutama di Pulau Sumbawa , perlu belajar banyak pada Cibaduyut yang sudah eksis dengan kerajinan kulitnya.

Cibaduyut-Jabar punya SDM yang mumpuni, NTB punya SDA yang melimpah, terutama kulit sapi. Peluang kerjasama itulah yang ingin digagas Kadisperin NTB bersama dengan Satuan Pelayanan Pengembangan Industri Persepatuan Cibaduyut dalam hal pengembangan industri kerajinan kulit di NTB.

Selain itu, tim dari NTB juga berkesempatan melihat fasilitas permesinan dan mesin-mesin pelayanan yang dijadikan sumber PAD melalui penyewaan mesin-mesin produksi bagi IKM.

Bu Kadis dan tim SatPel terlihat antusias dengan peluang-peluang kerjasama yang digagas. Diskusi santai tapi berisi, yang sesekali disertai canda tawa menjadikan suasana begitu hangat.

“Kami tunggu di NTB Pak. Saat ini kami sedang mengembangkan kerajinan kulit, khususnya di Pulau Sumbawa. Ada banyak kulit sapi yang tidak dimanfaatkan dan dioptimalkan, apalagi pas Idul Adha. Oleh karenanya potensi ini harus kami optimalkan. Saat ini sebagian besar produk NTB berupa tas, jika memungkinkan dikembangkan produk tas atau sepatu dengan corak NTB, misalnya tambahan bahan tenun pada sepatu/tas.” Ujar Kadis yang biasa disapa Bu Yanti ini.

Sinergi dan kolaborasi adalah koentji. Bukan hanya dengan internal di Pemprov NTB tetapi juga dengan eksternal. Menuju NTB Gemilang

#NTBLawanCorona

#Industrialisasi

#CintaidanBeliProdukNTB

#PertumbuhanIndustri

#IKMnaikKelas

#NTBMandiridanSejahtera

#NTBGemilang

#DariNTBuntukIndonesia