17 Agustus 2022

Industri Hijau, Industri Masa Depan NTB

Industri Hijau. Konsep industri berbasis pengelolaan lingkungan yang lestari ini terus digagas oleh Kemenperin RI. Menyikapi perubahan iklim global yang semakin masif, konsep industri hijau terus digaungkan.

Industri dan lingkungan lestari. Dua hal tersebut sepertinya berseberangan. Saat ini keduanya mulai seiring sejalan. Mendorong pertumbuhan industri daerah dengan memperhatikan kelestarian lingkungan. Konsep dasar industri hijau. Untuk meningkatkan atensi, penghargaan pun diberikan. Pelaku industri hijau. Sebuah kebanggaan.

Dinas Perindustrian Provinsi NTB mencoba mengambil peran dalam konsep tersebut. Bersama Tim Litbang Kemenperin RI, tim Disperin NTB mengunjungi PT. Kayu Lima Sejahtera, salah satu industri perkayuan di Provinsi NTB. Dalam kunjungan tersebut dibahas mengenai beberapa hal yang perlu dilakukan pelaku industri untuk menuju perusahaan yang mendapatkan penghargaan industri hijau dari Kemenperin RI.

Penghargaan industri hijau ini merupakan insentif non fiskal bagi pelaku industri yang telah melakukan efisiensi dan efektifitas dalam pengelolaan sumberdaya dalam menjalankan proses produksinya. Efisiensi dan efektifitas pengelolaan sumberdaya tersebut merupakan kunci penting dalam inisiatif pengelolaan industri berbasis lingkungan.

Mari berikhtiar agar ada IKM NTB yang mendapatkan penghargaan industri hijau dari Kemenperin RI. Penghargaan tersebut tentunya akan menjadi kebanggaan seluruh masyarakat NTB. Menuju NTB Gemilang.

ntang tenun NTB. Sharing pengalaman sesama IKM tenun NTB merupakan metode belajar yang efektif untuk pengembangan tenun sebagai bagian dari budaya lokal.

Tenun adalah warisan budaya NTB. Iklim industrialisasi harus tetap menapak pada akar budaya NTB. Konsep pengembangan tenun NTB dalam mendukung industrialisasi NTB harus segera digagas. Sebagai ruang terbaik dalam pengembangannya. Menuju NTB Gemilang.

#NTBLawanCorona

#Industrialisasi

#CintaidanBeliProdukNTB

#PertumbuhanIndustri

#IKMnaikKelas

#NTBMandiridanSejahtera

#NTBGemilang

#DariNTBuntukIndonesia