17 Agustus 2022

Rencana Penetapan Kawasan Pabean di Terminal Gili Mas untuk Pengembangan KEK Mandalika

Mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK ) Mandalika, Kepala Disperin Provinsi NTB, Nuryanti, SE., ME mengikuti rapat pembahasan Rencana Penetapan Kawasan Pabean di Terminal Gilimas sebagai bagian dari KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Mandalika sekaligus sbg lokasi lalu lintas bongkar muat cargo bebas pabean. Acara berlangsung di Terminal Penumpang Gili Mas pada Kamis, 101220.

Kawasan pabean adalah kawasan dengan batas-batas tertentu di pelabuhan laut, bandar udara, atau tempat lain yang ditetapkan untuk lalu lintas barang yang sepenuhnya berada di bawah pengawasan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Pelabuhan Lembar sebagai salah satu pelabuhan barang dan penumpang di NTB diharapkan mampu berperan penting dalam mendukung arus keluar masuk barang dan wisatawan di NTB, khususnya yang akan melakukan aktifitas di KEK Mandalika. Peran pelabuhan laut Lembar tentunya harus dibarengi dengan infrastruktur pendukung seperti akses keluar masuk yang memadai, ruang kargo yang menampung banyak barang dan fasilitas pendukung lainnya.

Pengembangan pelabuhan laut Lembar dalam mendukung pengembangan KEK Mandalika merupakan ruang untuk pengembangan Provinsi NTB menuju NTB Gemilang.