4 Agustus 2021

Stimulus Bantuan Permesinan untuk IKM NTB

Dialog dengan RRI Mataram: Industrialisasi Pengolahan Sampah

Rabu, 021220, Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Nuryanti, SE., ME melakukan dialog interaktif dengan Radio Republik Indonesia (RRI) Mataram bersama salah satu pegiat Bank Sampah NTB, Syawaluddin, SE.  Dialog interaktif dengan tema “Industrialisasi Pengolahan Sampah” ini membahas mengenai model pengelolaan sampah dalam konteks industrialisasi NTB.

Dalam dialog tersebut, Kepala Disperin NTB mengemukakan bahwa industrialisasi NTB harus mampu menyentuh semua sektor terkait. Termasuk pengelolaan sampah di dalamnya. Sampah, yang semula dianggap musibah, harus mampu diolah menjadi berkah melalui industrialisasi.

Sentuhan industrialisasi dalam pengelolaan sampah secara konseptual mampu menjadi salah satu opsi strategi pengurangan masalah sampah di NTB.

Pengolahan sampah yang dilakukan oleh Bank Sampah yang telah banyak berdiri di NTB membuktikan bahwa sampah dapat dikelola sebagai salah satu lahan usaha. Tidak hanya menjadi sumber masalah, namun mampu memberikan nilai tambah dengan sentuhan pengolahan dan ide kreatif lainnya.

Fungsi Disperin NTB adalah mengidentifikasi mekanisme pengolahan yang tepat dan mendorong penggunaan mesin-mesin pengolahan yang tepat guna untuk semakin meningkatkan nilai tambah dari sampah yang akan dikelola. Hal ini merupakan konsep dasar industrialisasi pengelolaan sampah di NTB. Hal ini yang akan terus didorong dalam mendukung pengelolaan sampah sebagai salah satu program sinergitas antara Zero Waste dan Industrialisasi sebagai konsep pembangunan di Provinis NTB.

Pengelolaan sampah adalah salah satu bukti bahwa jika dijalankan dengan tepat, industrialisasi adalah opsi untuk percepatan pembangunan di Provinsi NTB. Hal ini semakin menunjukkan peran industrialisasi di segala sektor sebagai roh pembangunan di Provinsi NTB. Dengan industrialisasi, konsep NTB Gemilang bukan hanya sekedar angan-angan belaka.

#NTBLawanCorona

#Industrialisasi

#CintaidanBeliProdukNTB

#PertumbuhanIndustri

#IKMnaikKelas

#NTBMandiridanSejahtera

#NTBGemilang

#DariNTBuntukIndonesia