19 Januari 2021

Dengan Strategi OVOP, Pertumbuhan IKM NTB Mulai Terlihat

Melalui Sinergi Sektor Hulu dan Hilir, Keberhasilan Industrialisasi di NTB Mulai Terlihat

Dalam konsep pembangunan wilayah, sektor industri merupakan sektor antara, menjadi penghubung antara sektor hulu dan hilir. Sektor hulu sebagai penyedia bahan baku, sektor hilir berfungsi sebagai outlet dan display produk hasil.

Sektor industri memberikan peningkatan nilai tambah melalui mekanisme pengolahan berbasis permesinan. Dan salah satu sektor hulu yang potensial untuk didorong menjadi salah satu sumber bahan baku adalah sektor kehutanan.

Sebagai wilayah yang memiliki 53% kawasan hutan negara, potensi sektor kehutanan untuk dikembangkan menjadi sebuah industri berbasis komoditas sangatlah besar. Struktur kelembagaan berbasis tapak yang dikenal dengan nama Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) merupakan salah satu elemen strategis dalam mendorong peningkatan sektor industri hasil hutan.

Peran KPH dalam optimalisasi pemanfaatan sumberdaya hutan sebagai bahan baku industri sangat diharapkan dalam mendukung pengembangan industri berbasis komoditas hasil hutan. Konsep di atas dalam kerangka makro adalah resume dari Pertemuan Komite Konsultatif Daerah KPH Rinjani Barat yang juga dihadiri oleh Dinas Perindustrian Provinsi NTB, di Hotel Astoria, 26 November 2020.

Sektor industri adalah sektor antara, menjadi katalisator bagi pertumbuhan sektor lain melalui peningkatan nilai tambah produk, khususnya di sektor hulu. Sinergi dalam menjamin kuantitas, kualitas dan kontinuitas bahan baku dari sektor hulu khususnya di sektor kehutanan harus mampu dijawab dengan peningkatan nilai tambah yang kontinyu untuk komoditas unggulan NTB.

Peningkatan tersebut akan mendorong pertumbuhan IKM baru dan mendorong peningkatan kelas dari pelaku industri yang telah lebih dulu eksis. Semua dimulai dari sinergi yang baik antara seluruh sektor menuju NTB Gemilang.

#NTBLawanCorona

#Industrialisasi

#CintaidanBeliProdukNTB

#PertumbuhanIndustri

#IKMnaikKelas

#NTBMandiridanSejahtera

#NTBGemilang

#DariNTBuntukIndonesia