19 Januari 2021

Disperin NTB Dapat Kartu Hijau terkait Kelengkapan Data PUG.

Pengarusutamaan Gender atau disingkat PUG adalah strategi yang dilakukan secara rasional dan sistimatis untuk mencapai dan mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam sejumlah aspek kehidupan manusia melalui kebijakan dan program yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan, dan permasalahan perempuan dan laki-laki.

Berkaitan dengan hal tersebut, Sekretaris Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Dra Sri Irianti menghadiri pertemuan kelompok kerja Pengarusutamaan Gender (PUG) Provinsi NTB Tahun 2020, yang diadakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) pada Selasa, 011220 di Kantor DP3AP2KB dan dibuka oleh Wagub NTB.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil gubernur NTB, Dr. Siti Rohmi Djalilah, M. Pd mengatakan bahwa  Pengarusutamaan gender merupakan tugas dari semua pihak. Pendidikan kesetaraan gender harus dimulai dari keluarga untuk menanamkan mindset bahwa dalam segi profesionalitas dan produktivitasnya, perempuan dan lelaki adalah sama.

“Kita harus menerapkan sikap antisipatif, promotif dan preventif sebagai solusi agar tidak terjadi pelanggaran terhadap gender.” Ungkap beliau.

Dalam hal kelengkapan data PUG, Kadis DP3AP2KB mengatakan bahwa dari 46 OPD, 27 di antaranya kuning (belum lengkap), 8 masih merah (belum sama sekali melengkapi data PUG). Dan alhamdulillah Disperin NTB adalah salah satu OPD yang telah hijau dalam kelengkapan data terkait PUG.

Terpisah, Kadis Perindustrian Provinsi NTB, Nuryanti, SE., ME yang juga merupakan salah satu pejabat perempuan di lingkup Pemprov NTB menyampaikan bahwa peran dan produktifitas perempuan dan laki-laki adalah sama. Oleh karena itu, keduanya harus terus didorong untuk sama-sama produktif dan profesional tanpa membeda-bedakan.