19 Januari 2021

Bantuan Permesinan Untuk IKM: dari IKM untuk IKM

Mendorong IKM NTB agar semakin tumbuh dan berkembang adalah tugas dan fungsi dasar Dinas Perindustrian Provinsi NTB. Peningkatan produktifitas dengan menggunakan mesin sebagai koridor pengolahan merupakan konsep dasar yang harus terus dibangun.
Berkenaan dengan hal tersebut, pengadaan permesinan untuk mendorong produktifitas IKM merupakan salah satu langkah strategis untuk mencapai hal tersebut. Pengadaan permesinan yang diinisiasi oleh IKM permesinan NTB yang kemudian diserahkan kepada IKM olahan NTB merupakan bentuk simbiosis mutualisme dalam koridor industrialisasi NTB.
Hal inilah yang menjadi poin penting yang tersirat dalam penyerahan bantuan permesinan untuk IKM sektor perbengkelan, pertukangan kayu, perkapalan, konveksi, dan olahan pangan serta olahan lainnya yang dilakukan oleh Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Nuryanti, SE., ME beserta jajarannya.
Bantuan ini adalah stimulus. Mempercepat proses tanpa mengganggu substansi proses di dalamnya. Karena tidak semua kawan-kawan IKM mendapatkan bantuan seperti ini, tidak berarti bahwa ada kesenjangan yang dibangun oleh Disperin NTB selaku wakil Pemprov NTB di sektor industri. Ada daya ungkit yang diharapkan dapat dibangun dari stimulus ini, yang akan memberikan efek domino dalam proses pertumbuhan dan perkembangan IKM lainnya.
Konsep ini yang mendorong Disperin NTB untuk terus menginisiasi bantuan permesinan dari IKM NTB untuk IKM NTB ini. Sebagai stimulus, sebagai pendorong, sebagai sebuah gerakan bersama untuk mendorong implementasi industrialisasi di NTB. Menuju NTB Gemilang.
#NTBLawanCorona
#Industrialisasi
#CintaidanBeliProdukNTB
#PertumbuhanIndustri
#IKMnaikKelas
#NTBMandiridanSejahtera
#NTBGemilang
#DariNTBuntukIndonesia