23 Juli 2024

DISPERIN NTB Hadiri Acara Pembukaan Pameran Asta Karya Nusa di Plaza Kementerian Perindustrian RI

Mewakili Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Kepala bidang kerjasama, Pengawasan, promosi dan investasi industri ( Bapak Arifin, SH.,MH) dan pejabat fungsional pembina industri ( Ibu Eti Hartati,S.Si) mengahadiri acara pembukaan pameran Asta Karya Nusa, bertempat di Plaza Kementerian Perindustrian RI.

Dalam rangka mendorong promosi dan meningkatkan awarness terhadap Kriya dan Wastra Nusantara, Kementerian Perindustrian RI bersinergi dengan Dewan Kerajinan Nasional ( Dekranas). Pameran Karya Nusa dihadiri oleh Direktur Jenderal IKMA Kemenperin RI ( Reni Yunita) sekaligus sebagai ketua panitia penyelenggara kegiatan Asta Karya Nusa,Wakil Ketua Harian 1 Dekranas ( Loemongga Agus Gumilang ), Ketua Harian Dekranas ( Ibu Tri Tito Karnavian) Serta Ketua Dekranasda Provinsi Seluruh Indonesia yang mewakili.

Ibu Dirjen IKMA Kemenperin RI ( Reni Yunita) Menyampaikan bahwa acara ” Asta Karya Nusa ” merupakan kolaborasi Kemenperin dan Dekranas untuk mendorong promosi wastra dan kriya Nusantara. Asta Karya Nusa memiliki makna pesona karya tangan-tangan terampil seniman atau perajin Nusantara Indonesia, berupa anyaman, batik, tenunan, ukir atau kerajinan lainnya. Harapannya menjadikan produk kriya Nusa dan Wastra Nusantara binaan Dekranas semakin unggul dan berdaya saing.

Ibu Loemongga Agus Gumilang ( Wakil Ketua Harian 1 Dekranas) juga menyebutkan acara ini diharapkan dapat memfasilitasi para peserta untuk membangun network dan belajar satu sama lain. Sehingga dapat mendukung pengembangan bisnis bagi IKM Kriya dan Wastra.

Ketua Harian Dekranas ( Ibu Tri Tito Karnavian) dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa Dekranas akan terus bersinergi dengan seluruh pihak dalam mendukung pengembangan industri Kriya Nusantara dan meningkatkan kontribusi bagi perekonomian Nusantara.

Ibu ketua harian juga mengajak seluruh masyarakat agar melestarikan dan menghargai Karya Perajin Nusantara dengan membeli dan menggunakan produk Kriya buatan dalam negeri diberbagai kesempatan.

Mari bangga menggunakan produk buatan Indonesia, Tutupnya.

Pameran Asta Kriya Nusa resmi dibuka dari tanggal 17- 20 Oktober 2023 oleh Ibu ketua Harian Dekranas yang bertempat di Plaza Kementerian Perindustrian RI.
Pembukaan Asta Karya Nusa di isi dengan Fashion Show dan penampilan dari Rossa.