23 Juli 2024

Event MotoGP, Berdampak Bagi UMKM NTB

“Event MotoGP, Berdampak Bagi UMKM NTB”

Ajang MotoGP Mandalika 2023 yang sudah berlangsung 3 hari di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) bukan sekadar event olahraga dan tontonan biasa tapi juga berdampak pada bidang lainnya seperti pariwisata dan ekonomi kreatif yang melibatkan pelaku industri lokal.

PPID Dinas Perindustrian Provinsi NTB dalam pegelaran MotoGP kali ini turun meliput kegiatan UMKM yang menampilkan produk lokal yang disediakan stand-stand untuk berjualan di dalam Sirkuit Pertamina Mandalika.

Berbagai macam produk industri dihadirkan, mulai dari ekonomi kreatif, produk tenun khas NTB, kerajinan, makanan lokal dan olahan hasil bumi lainnya, seperti mente, kopi dan lain sebagainya.

Qasyro Aprilia dengan brand Kelana Coffe UMKM dari Lombok Timur menyampaikan bahwa hadirnya event MotoGP di NTB, Lombok Tengah yang sudah berjalan dua tahun terakhir hingga saat ini membawa angin segar bagi pelaku usaha maupun industri di NTB.

“Alhamdulillah hari ini bisa ikut serta mensukseskan event MotoGP melalui kegiatan jualan produk lokal, bisa branding Kelana, dan bersyukur banget karena adanya event ini kita dapat peluang yang begitu besar untuk mengatakan pada dunia bahwa Lombok punya banyak produk khas” Ungkap Aprilia (15/10).

Selain itu Handedi dari KWT Bangkit Bersama dengan olahan mente dan kripik pisangnya menuturkan rasa bahagianya bisa terpilih untuk menampilkan produknya di Mandalika saat event MotoGP.

“Setidaknya hari ini bisa menjadi pengalaman pertama bisa ikut dalam menampilkan produk di event internasional yang ada di Lombok. Kita juga merasa beruntung bisa dapat stand di sini, karena banyak juga yang ingin mendapatkan stand tapi belum rezeki” Tutur Dedi (15/10).

Event kali ini memang sangat luar biasa, dengan banyaknya peningkatan penonton yang hadir, dan juga fasilitas yang sudah memadai tentu berbeda dengan tahun sebelumnya. Dilansir dari Republik bahwa Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI Erick Thohir memuji peningkatan jumlah penonton Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023 yang digelar Ahad kemarin.

Di perhelatan tahun kedua lomba balap motor bergengsi itu, total penonton yang hadir selama tiga hari sejak sesi latihan Jumat (13/10/2023) mencapai 102.929 orang. Jumlah terbanyak terjadi di hari balapan yang mencapai 73.129 penonton. Kemudian sekitar 50 UMKM berpartisipasi dalam MotoGP Indonesia 2023. 42 di antaranya menjual makanan dan minuman kepada pengunjung Sirkuit Mandalika, sementara 8 lainnya menjual kerajinan tangan atau souvenir dari Indonesia dan Nusa Tenggara Barat.

Tentu ini adalah berita baik, dengan banyaknya penonton akan berdampak kepada perputaran uang dan ekonomi masyarakat sekitar. Selain itu tenaga kerja lokal di pegelaran kali ini dikerahkan sebagai crew atau usher hospitality, marshal hingga tenaga pendukung lainnya menyerap masyarakat lokal.

Ridho mahasiswa Universitas Mataram menjadi salah satu crew dari NTB mengatakan sangat merasakan dampak dari event internasional yaitu MotoGP.

“Dampaknya terasa sekali hingga kami bisa bekerja hingga menjadi direktur sebagai tenaga kerja disini, walaupun hanya beberapa hari tetapi memberikan pengalaman berharga” Tutup Ridho (15/10).