23 Juli 2024

DIPERIN NTB Hadiri Rapat Progres dan Finalisasi Konsep JUM’AT SALAM, JUM’AT BELONDONG & KENARI FASHION STREET

Kepala Dinas Perindustrian Nuryanti, SE., ME didampingi Kepala Bidang Kerjasama, Pengawasan, Promosi dan Investasi, Arifin, SH., MH menghadiri Rapat Progres dan Finalisasi Konsep JUMAT SALAM, JUMAT BELONDONG & KENARI FASHIOM STREET yang dipimpin oleh Pj. Gubernur NTB Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si di Pendopo Gubernur. Kegiatan ini dihadiri pula oleh beberapa Kepala Perangkat Daerah terkait.

JUMAT SALAM singkatan dari Jumpai Masyarakat Selesaikan Aneka Persoalan Masyarakat merupakan Instruksi Gubernur secara khusus kepada Kepala Perangkat Daerah Provinsi NTB yang menjadi Leading Sektor Penurunan Stunting, Penghapusan Kemiskinan Ekstrim dan Peningkatan Produktivitas Penduduk untuk melakukan intervensi secara efektif terhadap sasaran yang telah ditetapkan by name by adress sebagai salah satu upaya penyelesaian Isu Strategis Nasional.

Pelaksanaan berbagai intervensi untuk mengatasi beberapa isu tersebut, secara rutin diperlukan upaya untuk menggerakkan pemberdayaan masyarakat desa dengan menjumpai masyarakat untuk mendengar dan menyiapkan solusi penyelesaian masalah masyarakat desa. Mengingat ketiga permasalahan tersebut merupakan Isu Strategis Nasional yang berpusat di desa maka untuk mengatasinya lokusnya harus dimulai dari level desa.

Dalam setahun setiap Perangkat Daerah NTB akan mengunjungi 24-25 desa bersama tim yang disiapkan sebagai langkah pendekatan penguatan pelaksanaan, pengendalian dan monev penurunan stunting, pengentasan kemiskinan ekstrem dan peningkatan produktivitas penduduk desa.