22 Juli 2024

Bincang Santai Bersama Penggagas Industrialisasi NTB Pada Acara Locofest 2023

“Bincang Santai Bersama Penggagas Industrialisasi NTB Pada Acara Locofest 2023”

Berbicara tentang industri atau industrialisasi, maka yang akan muncul di benak kita ialah berdirinya bangunan besar nan tinggi hingga terbentuknya pabrik-pabrik besar dari seluruh penjuru di Nusa Tenggara Barat. Memang itu adalah harapan dan targetan bersama untuk daerah kedepan, tetapi yang menjadi konsep industrialisasi yang digagas oleh pemrov NTB ialah melangkah dari hal sederhana, menciptakan role model yang mampu membentuk ekosistem yang memiliki pembaharuan.

Bincang santai atau talkshow yang diadakan oleh Locofest mengundang Gubernur NTB Periode 2018-2023 Dr. H. Zulkieflimansyah, S. E., M.Sc. dengan tajuk “Pembisnis Muda di NTB” yang bertempat di Area Parkir Mataram Mall, Minggu 8/10/2023.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada panitia pelaksana yang sudah berkenan mengundang saya bicara perihal bisnis anak muda di NTB” ungkap Dr Zul (8/10).

Beliau mulai menerangkan dari keadaan anak muda di NTB khususnya. Saat ini generasi muda di Nusa Tenggara Barat sudah banyak membangun dan menjalankan bisnis salah satunya dibidang fashion yakni Baju Clothingan yang merupakan cara anak muda di NTB untuk mengekspresikan diri mereka dalam berpenampilan kekinian. Melalui banyaknya bisnis yang dijalankan oleh anak muda di NTB.

“Kita di NTB sebenarnya tidak kekurangan sama sekali anak muda yang memiliki potensi bisnis, namun yang menjadi PR kita ialah membentuk jiwa entrepreneur bagi para anak-anak daerah” lanjut Dr Zul.

Beliau berharap bahwa industri ataupun bisnis yang dijalankan oleh anak muda di NTB dapat meningkatkan SDM seperti manajemen bisnis, manajemen keuangan, mencari relasi bagi bisnis yang dijalani agar dapat meningkatkan ekonomi untuk menyongsong Indonesia Emas 2045.

Di akhir diskusi beliau memberikan saran kepada anak muda untuk jangan takut untuk memulai bisnis dan jangan cepat putus asa, karena dari kegagalan anak muda bisa belajar dari kesalahan dan melakukan perbaikan agar kedepannya semakin maju lagi, karena sebagai pembisnis muda kita harus mencari relasi sebanyak-banyaknya agar bisa mempermudah kita dalam menjalankan usaha.

Terpenting bagi pembisnis muda di NTB diharapkan agar dapat melibatkan perbankan, instansi pemerintah, dan investor dalam bisnis atau usaha yang dijalani karena keterlibatan pihak-pihak tersebut akan sangat membantu pemilik usaha dalam melancarkan bisnisnya seperti dipermudah dalam melakukan permodalan di perbankan, dibantu untuk pembuatan legalitas usaha, serta mempermudah pemilik usaha dalam mencari sponsorship dan investor bagi usaha mereka.

“Semangat untuk menjadi pembisnis, karena mental bisnis harus di bentuk dengan proses yang cukup panjang, proses panjang selalu di mulai dari langkah pertama. Maka dari itu, bidiklah yang menjadi fokusan karir teman-teman” tutup Dr. Zul.