22 Juli 2024

BKPD DISPERI PROV NTB Menjadi Narasumber Dalam Kegiatan Pelatihan Pengemasan Rokok dan TIS Bagi Buruh Pengolah Tembakau

Mewakili Kepala Balai Kemasan Produk Daerah Dinas Perindustrian NTB, Kepala Seksi Diklat dan Promosi Heldy Sardianto, ST bersama staff Aan Arsyadani Hidayat, S.Kom dan Ni Wayan Septianingsih, SM menjadi Narasumber dalam kegiatan Pelatihan Pengemasan Rokok dan TIS Bagi Buruh Pengolah Tembakau yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Mataram. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Puri Indah ini akan berlangsung selama tanggal 9 – 11 Oktober 2023 dengan melibatkan 23 peserta se Kota Mataram.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Bidang Industri Kota Mataram Bapak Khaerul Hamdy, SE.,M.Ak. Pada kesempatan ini Kasi Diklat dan Promosi menjelaskan memaparkan materi terkait kemasan bahwa menurut survey 80% pengunjung atau konsumen akan membeli produk pertama kali secara spontan karena kemasannya yang menarik. Beliau menjelaskan terkait fungsi dan jenis dari kemasan. Beliau pun memaparkan dan menjelaskan terkait mesin-mesin yang terdapat di Balai Kemasan.

Staff Ni Wayan Septianingsih menjelaskan tentang Kemasan rokok yang di desain dengan gambar yang membosankan dan mengerikan ternyata menurunkan minat konsumen untuk membeli rokok, contohnya yang semula membeli rokok sampai 2 bungkus akhirnya membeli eceran karena kemasan rokok memiliki gambar yang menyeramkan.

Aan Arsyadani Hidayat juga menjelaskan tentang desain kemasan, aturan dan unsur-unsur yang harus dicantumkan dalam kemasan agar kemasan memiliki informasi lengkap yang menjelaskan terkait produk. Harapannya pengusaha tembakau ataupun buruh yang sedang mengikuti kegiatan dapat menerapkan kemasan yang menarik pada produk yang dimiliki masing-masing.