23 Juli 2024

Kembangkan Industri Rumahan, DISPERIN Menjadi Narasumber pada Kegiatan Pelatihan Mengemas Produk

Mewakili Kepala Balai Kemasan Produk Daerah Dinas Perindustrian NTB, Staff Balai Kemasan Abdul Malik, A.Md, Ni Wayan Septianingsih, S.M, Ardillah Dahlia, S.TP dan Harfan Mulyadi menjadi Narasumber pada Kegiatan Pelatihan Mengemas Produk di Hotel Grand Royal Batujai, Kabupaten Lombok Tengah pada 4-6 Oktober 2023.

Pada hari pertama, kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Lombok Tengah, Drs. H. Muhammad Zarkasi. Beliau berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini, peserta diharap mampu menguasai ilmu dalam mengemas sebuah produk dan mampu menerapkan kemasan yang menarik di produk masing-masing. Kegiatan ini juga bertujuan mengembangkan industri rumahan di Lombok Tengah dalam menyambut even Moto GP.

Kegiatan dilakukan selama 3 hari dengan memberikan materi kemasan pada hari pertama, dan praktik membuat kemasan pada hari kedua dan ketiga. Kemasan yang dibuat menggunakan bahan plastik, aluminium foil dan kertas Manila. Berbagai macam kemasan yang dihasilkan menjadi berbagai model yang menarik untuk IKM dalam mengemas produknya, yaitu kemasan standing pouch, paper bag, juga kemasan bantal sachet yang dibuat menggunakan aluminium foil.

IKM yang hadir sebanyak 30 peserta dari Lombok Tengah yang merupakan IKM yang baru merintis usahanya. Adapun berbagai produk dari IKM tersebut yaitu kripik bayam, kripik pisang, cilok, Kaliadem dan berbagai produk makanan ringan lainnya.

Setelah menyampaikan materi kemasan, disampaikan juga terkait layanan-layanan yang terdapat di Balai Kemasan. Peserta yang hadir sangat antusias mengikuti kegiatan dan banyak berdiskusi bersama narasumber. Harapan IKM dalam pelatihan ini agar selanjutnya dapat melihat secara langsung proses produksi di Balai Kemasan serta salah satu perwakilan menyampaikan bahwa mereka sangat membutuhkan pelatihan untuk menambah kapasitasnya di bidang pemasaran produk yang selalu menjadi kendala terbesar IKM.