22 Juli 2024

Sejauh Mana Dampak Industrialisasi Terhadap Ekonomi di NTB, KADISPERIN Menjadi Narasumber di Acara MADILOG

Sabtu, 7 Oktober 2023 Kepala Dinas Perindustrian NTB Nuryanti, SE., ME sebagai Narasumber pada kegiatan Madilog (Mahasiswa Dialog Bangsa) 2023 bersama Dr. M. Firmansyah, SE.,M.,SI dengan tajuk “Sejauh mana dampak industrialisasi terhadap ekonomi di NTB” yang diselenggarakan oleh BEM Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Dekan FEB Unram Dr. Ihsan Rois, ST.,MSI.

Kegiatan Mahasiswa Dialog Bangsa (Madilog) ini hadir sebagai bentuk media diskusi dimana kegiatan untuk memperkenalkan Industrialisasi, kebijakan industri dan bagaimana anak muda memulai dunia per- Industrian, sehingga output yang didapatkan oleh mahasiswa mengikuti acara ini yaitu wawasan lebih luas dan akurat terakait perkembangan industri secara matang serta mempermudah mereka dalam mempersiapkan diri untuk terlibat di dalam proses implementasinya.

Acara ini berlangsung secara dioalog interaktif dimulai dengan pertanyaan dari moderator “Bagaimana perkembangan industri ekonomi di NTB?”, Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Nusa Tenggara Barat, Ibu Nuryanti, SE.,ME pada kesempatan tersebut menyampaikan dan menjelaskan, angka pertumbuhan industri yang dari tahun ke tahun semakin meningkat.
Terdapatnya 6 sektor prioritas di NTB.
Potensi bahan baku di NTB dimana masyarakat harus pintar untuk mengelolanya sendiri, sehingga nantinya bisa membuat nilai tambah dari produk yang dihasilkan. Selain itu, bagaimana sektor industri pengolahan berkontribusi terhadap peningkatan nilai tambah pada ekonomi regional yang tergambar pada produk domestik regional bruto (PDRB).

Pada dialog ini juga Ibu Nuryanti, SE.,ME menyampaikan serta menjelaskan program-program yang telah dijalankan oleh Dinas Perindustrian Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam pengembangan ekonomi IKM, salah satunya dengan program inovasi berkelanjutan melalui Komunitas Industri (KOIN) dan Idoors, dengan modul-modul manajemen yang dimilikinya.
Kemudian tidak lupa memberikan motivasi untuk memulai usaha sedini mungkin kepada mahasiswa yang hadir.