4 Desember 2020

Indikasi Geografis (IG) Tingkatkan Daya Saing Produk IKM NTB

Atensi dari Pemerintah Pusat untuk pengembangan IKM NTB mulai terbangun. Setelah beberapa waktu yang lalu, Kementerian Hukum dan HAM RI mendatangi NTB untuk memfasilitasi pengurusan IG Mutiara Lombok, kali ini tim dari Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi RI berkunjung ke Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) untuk memantau peluang investasi pengembangan produk NTB yang telah mendapatkan IG, yaitu Kangkung Lombok, dan yang sedang dalam proses adalah Ketak Lombok dan mutiara Lombok.

Kedatangan tim Kementerian ini disambut hangat oleh kawan-kawan IKM NTB. Berbagai hal disampaikan, peluang kerjasama digagas untuk pengembangan produk IKM ketak, kangkung, dan juga mutiara ke depannya. Kunjungan tim Kementerian ini didampingi oleh Sekretaris Disperin NTB, Dra Sri Irianti dan Kabid Kreatif, Lalu Muhammad Lutfi, ST., M.Si beserta tim.

Komoditas NTB yang telah mendapatkan IG tersebut diharapkan mampu terus berproduksi secara optimal. Karena produk tersebut dengan semua olahannya adalah duta besar NTB di tingkat nasional. Identitas NTB sebagai penghasil kangkung, ketak, dan mutiara yang berkualitas pun harus diperhitungkan.

Tentunya kawan-kawan IKM yang bergerak di olahan komoditas ini pun tidak boleh lalai untuk terus meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan agar daya saing produk IKM NTB semakin meningkat menuju NTB yang Gemilang.