29 November 2020

Bantuan Permesinan Disperin NTB untuk Program Stimulus Ekonomi

Dalam rangka pelaksanaan program stimulus ekonomi Dinas Perindustrian Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kepala Bidang ILMATE Dra. Ely Suryani, M.Pd mewakili Kadis Perindustrian NTB, Nuryanti, SE., ME dan Bidang Agro bersama tim melaksanakan penyerahan bantuan mesin/peralatan penyulingan minyak atsiri/essential oil kepada IKM KAFFAH yang berlokasi di Dusun Lendang Penyanggok, Desa Tetebatu Selatan, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur.

IKM Kaffah merupakan IKM yang mengolah tumbuhan cengkeh menjadi minyak cengkeh yang selanjutnya dapat digunakan sebagai bahan obat-obatan dan kosmetika.

Selain itu, kunjungan tersebut juga untuk memonitoring IKM penerima bantuan mesin/peralatan pengolahan minyak kelapa yaitu IKM BKR Masa Depan yang diketuai oleh ibu Reza Apriani yang berlokasi di Desa Lendang Nangka, Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur.

Selain memproduksi minyak goreng kelapa, IKM ini juga memproduksi produk turunan kelapa menjadi beberapa produk kerajinan dengan memanfaatkan lidi, serabut kelapa dan daun kelapa.

Semoga bantuan permesinan yang diberikan Dinas Perindustrian Provinsi NTB bisa mengoptimalkan dan mendorong potensi IKM NTB menuju NTB yang Gemilang.