4 Desember 2020

“Revitalisasi Fungsi E-Monev Sebagai Kontrol Pengukuran Kinerja OPD”

Evaluasi kinerja OPD adalah cermin aktifitas OPD dalam menjalankan program yang telah direncanakan. Evaluasi berbasis sistem adalah media akuntabel untuk pengisian dan penyajiannya. Efektif dari segi pelaporan, efisien dari segi waktu.

Electronic Monev atau biasa disingkat e-monrv adalah media tersebut. Sistem evaluasi yang telah dibangun sejak 2017 lalu dipandang perlu untuk direvitalisasi sebagai bagian dari proses perkembangan manajemen pelaporan yang akuntabel.

Revitalisasi peran dan fungsi e-monev ini diikuti oleh Disperin NTB yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Subbagian Keuangan, Dewa Putu Rijaksana, SE di Ruang Rapat La Key Bappeda Provinsi NTB, Jumat, 16 Oktober 2020. Revitalisasi ini dirancang untuk memberikan laporan realisasi penyerapan anggaran OPD yang lebih terukur dan akuntabel.

Dari progress penyerapan anggaran OPD Disperin NTB melalui e-monev tersebut dapat dipantau perkembangan pencapaian target2 OPD Disperin NTB selaku garda depan industrialisasi NTB. Penyerapan anggaran yang tertata dengan baik adalah strategi pencapaian target yang paling efektif. Dan semua terekam dan dapat tersaji dengan baik melalui e-monev Provinsi NTB.

Model penyajian realisasi yang akuntabel ini diharapkan mendorong peran serta masyarakat dalam pertumbuhan industri NTB. Pemantauan terhadap progress penyerapan anggaran OPD Disperin NTB secara berkala melalui e-monev adalah ruang bagi IKM NTB untuk mendorong penyerapan anggaran untuk tumbuh kembang IKM NTB. Yang secara simultan akan bermuara pada tujuan bersama. NTB Gemilang.