20 Mei 2024

Cerminan Komitmen Bersama, TIM P3DN Hasilkan 12 Poin Capaian program P3DN di Provinsi NTB

Senin 22 Agustus 2023, Ibu Nuryanti, SE., ME didampingi oleh Kepala Bidang Sarana Prasarana Dr. Aryanti Dwiyani,  M.Pd memimpin kegiatan Rapat Tindak Lanjut Hasil Pengawasan Atas Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) untuk tahun 2023.  Berdasarkan  SK Gubernur Nusa Tenggara Barat Nomor 027-376 Tahun 2023 Tentang Pembentukan Tim Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri Pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Di Lingkungan Pemerintah Nusa Tenggara Barat, Kepala Dinas Perindustrian NTB sebagai Ketua Harian Tim P3DN  NTB bersama  Kepala Biro PBJ  Roni Yuhaeri, A.Pi.,M.Pi wakil ketua  harian mewakili Sekda NTB Selaku ketua P3DN Pemprov NTB  menyelenggarakan  rapat untuk meningkatkan prosentase P3DN NTB. Rapat ini bertempat di Aula Halal Industrial Park Dinas Perindustrian Provinsi NTB dan dihadiri oleh jajaran Tim P3DN Provinsi NTB, yang terdiri dari Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda  Roni Yuhaeri, A.PI.,M.PI., Kepala Dinas Koperasi dan UMKM NTB Ahmad Masyhuri, S.H., Bappeda NTB, Kadin NTB, Sekretaris BRIDA NTB Retno Untari, S.Si, M.Kes, PLT Kepala DPMPTSP NTB Wahyu Hidayat, S.STP, MAP, Inspektorat NTB L. Toyyib Busyairi, ST , Dinas Perdagangan NTB, BPKAD NTB, Biro Perekonomian Setda NTB, Biro Hukum Setda NTB, bagian Pengelolaan Pengadaan barang dan jasa PBJ Setda NTB, bagian Pembinaan Advokasi Pengadaan Barang dan jasa PBJ Setda NTB dan TIM P3DN Disperin NTB.

Rapat tersebut membahas berbagai hasil capaian program P3DN di Provinsi NTB yang meliputi:

1. Total belanja pagu yang diinput di Aplikasi SIRUP mencapai angka yang sangat positif, yaitu 95,82%, mengindikasikan komitmen yang kuat terhadap penggunaan produk dalam negeri.

2. Pengadaan barang dan jasa dengan cara penyedia mencapai total 10.586 paket, dengan persentase 55,83%, sementara pengadaan melalui swakelola mencapai total 7.038 paket, dengan persentase 44,10%.

3. Beberapa paket pengadaan dilakukan dengan cara penyedia dalam swakelola, dengan total 16 paket dan persentase 0,07%.

4. Pengadaan melalui cara penyedia diuraikan lebih lanjut menjadi pengadaan yang dikecualikan (0,79%), e-purchasing (27,05%), kontes (0,00%), pembayaran untuk kontrak tahun (4,78%), pengadaan langsung (56,52%), penunjukan langsung (1,61%), seleksi (0,29%), tender (8,95%), dan tender cepat (0,02%).

5. Belanja melalui e-Purchasing yang tercatat di Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) mencapai 27,05%, mendekati batas minimum belanja e-purchasing sebesar 30% yang diatur dalam surat edaran LKPP.

6. Dalam rangka meningkatkan belanja melalui e-Purchasing, perlu dilakukan identifikasi metode pengadaan yang dapat dialihkan ke e-purchasing.

7. Terdapat kebutuhan untuk menggeser metode pengadaan, seperti belanja alat tulis kantor (ATK) yang sebelumnya dilakukan melalui cara Pengadaan Langsung (PL), ke dalam e-purchasing.

8. Capaian Penggunaan Produk Dalam Negeri (PDN) mencapai minimal 95%, dengan Provinsi NTB berhasil mencapai 96% dan Usaha Mikro Kecil (UMK) mencapai 90%.

9. Dalam rekapitulasi realisasi pengadaan barang dan jasa Provinsi NTB, tercatat 762 paket dengan pagu anggaran 331,895,114,099 dan kontrak senilai 426,399,550,493, serta PDN senilai 291,075,618,044.

10. Persentase PDN berdasarkan nilai kontrak mencapai 68%, sedangkan persentase PDN berdasarkan Rencana Umum Pengadaan (RUP) mencapai 20%.

11. Evaluasi kuesioner indeks P3DN triwulan kedua mengidentifikasikan 23 poin yang perlu diselesaikan pada awal September.

12. Poin-poin kuesioner akan dialokasikan kepada instansi terkait yang masuk dalam Tim P3DN Provinsi untuk penanganan lebih lanjut.

Hasil dari rapat ini mencerminkan komitmen Jajaran Tim P3DN Provinsi NTB dalam memastikan pelaksanaan yang efektif dari Program P3DN dan kebijakan penggunaan produk dalam negeri. Adanya langkah konkret dan evaluasi yang cermat diharapkan akan membantu dalam mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan memperkuat industri di wilayah Provinsi NTB.

===========================================

Untuk informasi lain terkait Dinas Perindustrian Provinsi NTB dapat mengunjungi :

✓ Instagram : @dinas_perindustrianntb

✓ Twitter : @disperin_ntb

✓ Fanpage : dinas_perindustrianntb

✓ Youtube : Dinas Perindustrian Provinsi NTB

✓ Website : https://disperin-ntbprov.com/

✓ Tiktok : dinasperindustrianntb1

@zulkieflimansyah | @biroadpimntb | @ntbprov | @sittirohmidjalilah | @lalugitaariadi | @nuryanti.tadjuddin | @sriirianti__ | @catatanaryanti | @arifinrefo | @lalu.luthfi | @agus.pbsa

#NTBLawanCorona #Industrialisasi #CintaidanBeliProdukNTB #PertumbuhanIndustri #IKMnaikKelas #NTBMandiridanSejahtera #NTBGemilang #IndonesiaMaju #DariNTBuntukIndonesia #IKMKerjaKerasIKMNaikKelas