24 Oktober 2020

Dinas Perindustrian NTB

| Industri Bergerak |

Galang UKM Lotim, Inisiasi Kebangkitan Pelaku Usaha NTB

Kebangkitan pelaku usaha NTB harus terus dibangun. Segala keterbatasan dan kelemahan harus diminimalisir untuk mendorong pengembangan usaha di NTB. Banyak stakeholders yang membantu pengembangan usaha tersebut. Akses pembiayaan yang semakin mudah pun menjadi salah satu alasan. Payung hukum berupa Pergub Bela dan Beli Produk Lokal pun menjadi salah satu legalitas dalam mendorong kemandirian pelaku usaha di sektor manapun di NTB.

Kabupaten Lombok Timur sebagai salah satu Kabupaten dengan populasi terbesar di NTB menginisiasi gerakan tersebut dengan nama Galang UMKM se-Kabupaten Lombok Timur. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, Ketua Dekranasda NTB, Hj. Niken Zulkiefliemansyah, SE., M.Si, Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Nuryanti, SE., ME dan beberapa stakeholders lainnya, Sabtu, 10 Oktober 2020.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur NTB yang juga merupakan Rektor Universitas NW Hamzanwadi Lotim ini menyampaikan agar dalam melakukan aktivitas harus tetap aman dan produktif dengan tetap menggunakan protokol kesehatan. Kesabaran dan kedisiplinan salah salah satu senjata yang untuk menjalani aktivitas kita. Selain itu, kita harus bangga dengan International Council Small Business (ICSB), Karena ICSB ini tidak pernah mengenal lelah dalam berinovasi agar NTB terus survive semakin power dan UMKM berjaya. Bagi UMKM teruslah bersatu padu, jangan pernah malas untuk belajar dan jangan cepat puas karena ICSB ini adalah tempat belajar, tempat mencari peluang. Targetkan dan terus berusaha dan jangan pernah menikmati zona nyaman dan teruslah kompetitif agar UMKM semakin berjaya.

Selain Wakil Gubernur NTB, sambutan sekaligus motivasi bagi pelaku usaha di wilayah Kabupaten Lombok Timur juga diberikan oleh Ketua Dekrenasda NTB, Hj. Niken Zulkieflimansyah, SE., M.Si. Beliau menyampaikan bahwa UKM merupakan tolak ukur dari perekonomian kita. Bersama-sama menggerakkan dan memberikan semangat dengan ICSB agar UMKM NTB berjaya untuk NTB gemilang. Syarat agar UMKM tetap berjaya Ada dua Sisi diantaranya yakni sumber daya manusia sendiri, jika UMKM terus y mau belajar, mencari inovasi2 maka UMKM NTB dapat bersaing di kancah nasional maupun internasional. Dan UKM sendiri memberikan kesempatan mencari jaringan . Karena saat ini Dinas Perdagangan sedang membuat pemasaran lewat NTB Mall Marketplace. UKM jaya maka NTB bisa gemilang. Pelaku UKM harus bisa memanfaatkan peluang dengan adanya ICSB ini karena kita mencari bibit UKM yang berpotensial.

Selepas memberikan sambutan, rombongan didampingi oleh Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Hj. Nuryanti, SE., ME dan beberapa stakeholders Kabupaten Lombok Timur melakukan peninjauan stand beberapa pelaku usaha di Kabupaten Lombok Timur. Pelaku usaha kopi, tenun, kerajinan tangan dan beberapa jenis kuliner lainnya dipromosikan melalui kegiatan ini.

Kedepannya even ini harus digagas sebagai sebuah temu usaha bisnis antaa pelaku UMKM/ IKM NTB dengan pelaku usaha di sektor yang lain. Membentuk jejaring bisnis antara pelaku usaha merupakan salah satu upaya untuk pengembangan skala produksi diantara pelaku usaha di NTB. Kelemahan yang selama ini terjadi adalah bahwa produk UMKM/ IKM NTB hanya dipromosikan saja, namun tidak pernah dikawal sampai ke tingkat kerjasama bisnis antara sesama pengusaha baik di dalam maupun diluar NTB. Hal ini harus menjadi pelajaran besar untuk mengawal kemandirian pelaku usaha di NTB. Tugas negara adalah menjadi jembatan bagi pelaku usaha di sektor masing-masing untuk peningkatan skala produksi. Inisiasi peningkatan skala produksi bisa dilakukan melalui pemberian bantuan sesuai dengan kebutuhan pelaku usaha, kemudahan bertransaksi, kemudahan akses pembiayaan dan permodalan dan inisiasi lain yang akan membantu meminilasir kelemahan pelaku usaha di NTB.

Semoga even seperti ini bisa berlanjut sebagaimana yang diharapkan. Agar pelaku usaha NTB bisa terus tumbuh dan berkembang. Menuju NTB Gemilang.