24 Oktober 2020

Dinas Perindustrian NTB

| Industri Bergerak |

Kembangkan Industri Kerajinan, Dekranas Lakukan MoU Dengan BI

Rabu, 07 Oktober 2020, Ketua Dekranas Pusat, Wurj Handayani Ma’ruf Amin menandatangani Nota Kesepahaman dengan Gubernur BI dalam rangka mewujudkan IKM sebagai kekuatan baru perekonomian nasional di era digital.

Selain itu, Nota Kesepahaman ini juga dibangun untuk mendorong kemudahan akses pembiayaan bagi IKM kerajinan NTB untuk peningkatan produksi dan akses pasar IKM kerajinan NTB.

Disperin NTB selaku mitra kerja Dekranasda NTB menghadiri pertemuan tersebut. Validasi data IKM NTB untuk akses pembiayaan dan permodalan dari lembaga perbankan di bawah koordinasi BI sebagai institusi perbankan menjadi tugas Disperin NTB. Validasi ini oenting agar IKM NTB mampu menjadi entitas usaha yang layak untuk mendapatkan akses pembiayaan dan permodalan. Kedepannya dengan kemudahan akses ini, skala produksi akan berkembang dan naik kelas akan menjadi tujuan selanjutnya.

Inisiasi kerjasama antara Dekranas dan BI ini adalah langkah baik yang harus dikawal bersama. Oleh seluruh pihak. Sesuai tugas dan fungsinya. Kemudahan bukan berarti dimudahkan. Kompetensi dan profesional IKM kerajinan NTB untuk kemudahan akses pun harus dibentuk. Untuk mendorong tumbuh kembangnya IKM NTB. Untuk NTB Gemilang.