24 Oktober 2020

Dinas Perindustrian NTB

| Industri Bergerak |

IKM Kosmetika Wiwin Insani: Semarak Perkembangan Kosmetika Made in NTB

IKM-IKM yang bergerak di bidang Kosmetika semakin banyak. Hal tersebut tentunya semakin menambah semarak pasar kosmetik made in NTB. Hal ini menunjukkan bahwa IKM NTB memiliki potensi untuk pengembangan kosmetik berbahan baku lokal NTB. Produk kosmetik merupakan salah satu produk yang bersentuhan langsung dengan kulit dan tubuh manusia.

Pengawasan dan pemantauan atas produk ini harus terus dilakukan oleh OPD Dinas Perindustrian Prov NTB bersama institusi terkait agar produk kosmetik NTB layak edar dan digunakan oleh khalayak ramai.Salah satu IKM yang menjadi target pengawasan adalah IKM Wiwin Insani – Batulayar. Berkaitan dengan hal tersebut, Senin, 28 September 2020, Sekretaris Disperin NTB, Dra Sri Irianti bersama Bidang Agro melakukan kunjungan ke IKM bersangkutan.

IKM kosmetik ini telah memproduksi lebih dari 20 jenis produk seperti body lotion, sabun, sunblock, dan lain-lain yang sebagian di antaranya sudah dieksport.Keberhasilan IKM kosmetik ini untuk terus bertahan di tengah persaingan pasar kosmetik menunjukkan bahwa produk IKM ini memiliki kualitas yang layak untuk didorong.

Namun mekanisme pengawasan dan peredaran izin edar tetap harus menjadi atensi sebagai bagian dari apresiasi OPD.Mendorong industri kosmetik NTB untuk terus tumbuh dan berkembang adalah strategi positif. Tentunya dengan tetap mempertahankan kualitas, legalitas dan berbagai faktor perizinan agar produk IKM NTB tersebut tetap layak digunakan dan IKM kosmetika di NTB semakin eksis dan berkembang. Semua bermuara pada ikhtiar untuk menuju NTB Gemilang.