24 Oktober 2020

Dinas Perindustrian NTB

| Industri Bergerak |

Gelar Koordinasi dengan Kab/Kota: Disperin NTB Rumuskan Pembangunan Sentra IKM

Jum’at, 25 September 2020, Dinas Perindustrian Provinsi NTB melakukan Koordinasi dengan Kabupaten/Kota dalam rangka Koordinasi Pelaksanaan Kegiatan Pengembangan dan Pengukuhan Sentra-Sentra produk Industri Kecil Menengah dan Usaha Kecil Menengah (IKM dan UKM) yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Koordinasi tersebut dilakukan sebagai sinergi bersama dalam pengembangan IKM Provinsi NTB melalui pembentukan sentra IKM NTB. Sentra IKM adalah salah satu upaya untuk mengembangkan potensi unggulan daerah, dengan memberikan nilai tambah pada sumber daya lokal melalui teknologi industri.

Tahapan pertama dalam pembentukan sentra IKM NTB adalah melakukan mapping potensi wilayah yang akan dijadikan sebagai komoditas dalam sentra IKM. Mapping potensi ini didasarkan pada potensi komoditas, peluang industri turunan dari olahan, kemampuan pemasaran, ketersediaan tenaga terampil, kemampuan peralatan dan sarana pendukung serta kebutuhan dasar lainnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kepala Dinas Perindustrian NTB, Nuryanti, SE., ME menekankan pentingnya pendataan IKM (kecil/menengah/besar) sebagai dasar bagi penentuan kebijakan. Selain itu, pembentukan sentra dihajatkan untuk meningkatkan potensi SDM dan produk IKM dan berkembangnya ekonomi berbasis kerakyatan.

Pembentukan sentra IKM NTB merupakan salah satu strategi pengembangan IKM NTB. Pembentukan sentra sebagai unit usaha adalah tujuan akhir yang harus didorong. Untuk itu peran seluruh pihak diharapkan dalam prosesnya untuk NTB Gemilang.