24 Oktober 2020

Dinas Perindustrian NTB

| Industri Bergerak |

Virgin Coconut Oil: Produk OVOP di Tete Batu, Lotim

Pada tanggal 22-23 September 2020, pejabat fungsional Dinas Perindustrian Provinsi NTB melakukan pendampingan sentra IKM OVOP ( One Village One Product/ Satu Desa Satu Produk) di sentra minyak kelapa murni/VCO, Tete Batu, Lombok Timur. Kegiatan ini dilaksanakan untuk terus mendorong eksisnya produk IKM berbasis desa.

Di desa Tete Batu, yang merupakan daerah yang memiliki potensi kelapa, akan dikembangkan produk VCO( Virgin Coconut Oil) atau minyak kelapa murni yang dihasilkan tanpa melalui pemanasan. Sebelumnya, beberapa IKM di Tete Batu turut menjadi penyuplai minyak goreng kelapa dalam program JPS Gemilang yang diadakan Pemerintah Provinsi NTB.

Saat ini, VCO merupakan salah satu produk yang lagi ngetop karena diyakini manjur menyembuhkan berbagai penyakit. Permintaannya terus meningkat, dan pasar ekspor masih menganga lebar. Namun, standar kualitas masih jadi persoalan.Oleh karena itu, tim fungsional dari Disperin NTB menyampaikan dan melakukan pendampingan pentingnya sentra IKM minyak kelapa agar memiliki legalitas usaha terutama P-IRT dan sertifikasi halal. IKM eksis, ekonomi berkembang.