24 Oktober 2020

Dinas Perindustrian NTB

| Industri Bergerak |

Nuryanti Dorong Munculnya Industri Kerajinan Kulit di Kabupaten Bima

Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu daerah potensial dalam penyediaan kulit mentah sapi. Untuk dapat dimanfaatkan menjadi industri kerajinan, kulit sapi harus melalui proses yang dinamakan penyamakan. Berkaitan dengan hal tersebut, Kepala Dinas Perindustrian NTB, Nuryanti, SE., ME bersama Bidang Kreatif melakukan identifikasi sekaligus sosialisasi rencana bimtek penyamakan kulit sapi di Desa Tangga, Kecamatan Monta Kab. Bima di Lokasi Penggemukan Sapi Gapoktan Samangawa.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong pemanfaatan kulit sapi kepada para peternak melalui penyamakan. Hal tersebut tentunya akan memberikan nilai tambah produk dan tentunya harganya lebih mahal. “Potensi sapi di Kab Bima khususnya di Desa Tangga ini sangat potensial untuk dikembangkan menjadi industri kerajinan kulit.

Industri ini sangat potensial karena setiap tahunnya mengalami perkembangan. Jadi, Bapak Ibu sekalian, banyak ketersediaan kulit sapi ini harus dimanfaatkan agar memiliki nilai jual yang lebih tinggi, salah satunya melalui penyamakan. Kalau nilai jualnya lebih tinggi, tentu Bapak/Ibu lebih banyak duitnya kan.” Ungkap Nuryanti ketika sosialisasi kepada masyarakat setempat.