24 Oktober 2020

Dinas Perindustrian NTB

| Industri Bergerak |

Kewirausahaan untuk Bangun Industri Lokal

Selasa, 22 September 2020, Kepala Dinas Perindustrian NTB, Nuryanti, SE., ME menjadi pemateri dalam kegiatan Pelatihan dan Pembekalan Keterampilan bagai Pegawai Negeri pada POLRI POLDA TA 2020 dengan tema Pensiun Siap Bahagia (Sehat, Ikhlas, Aktivitas Bermanfaat, dan Produktif) bertempat di Astoria Hotel Mataram.

Dalam kesempatan tersebut, Nuryanti menyampaikan tentang pentingnya kewirausahaan untuk membangun industri lokal. Beliau juga menyampaikan tips memulai usaha bagi pemula, hal-hal yang harus diketahui dalam dunia usaha, serta skema akses permodalan dari pemerintah.

Berkaitan dengan tema Pensiun Siap Bahagia, beliau mengajak para pegawai negeri yang akan pensiun di lingkup Polda NTB untuk memanfaatkan waktu pensiun dengan kegiatan yg bermanfaat dan produktif, salah satunya dengan wirausaha. Walaupun ke depannya sudah tidak lagi bekerja, memanfaatkan waktu dengan tetap belajar dan berinovasi merupakan salah satu cara menikmati masa pensiun.

Selain bermanfaat untuk pribadi, berwirausaha juga merupakan salah satu cara bagi para pensiunan untuk berkontribusi terhadap daerah. Berwirausaha memiliki banyak efek,di antaranya 1) menciptakan lapangan kerja dan menyerap tenaga kerja, 2) meningkatkan penerimaan pajak negara, 3) mendorong inovasi dan kemandirian masyarakat, dan 4) menjadi indikator keunggulan dan daya saing negara.

Yuk berwirausaha!