24 Oktober 2020

Dinas Perindustrian NTB

| Industri Bergerak |

Kembangkan IKM NTB, Geopark Rinjani Bersilaturahmi dengan Kadisperin NTB

Rinjani adalah ikon NTB. Sebagai site wisata dan budaya NTB. Pamor ikonik Rinjani populer sampai ke dunia internasional. Melalui konsep situs geologi dunia, Geopark Rinjani. Berbagai produk IKM NTB lahir dari hasil hutan di kawasan Rinjani. Gula aren, kopi, serbat jahe, madu, rotan, dan hasil hutan lainnya berasal dari ikon NTB ini.

Komoditas unggulan yang kemudian menjadi bahan baku olahan IKM NTB. Beberapa komoditas tersebut bahkan sudah diolah berskala ekspor. Go internasional. Dari Rinjani membangun sinergi antara pengelola kawasan Geopark Rinjani sebagai sumber bahan baku komoditas olahan dengan Disperin NTB sebagai pengawal industrialisasi NTB adalah wahana menjalin sinergi berkelanjutan tersebut.

Berkaitan dengan hal tersebut, tim dari Geopark Rinjani bersilaturrahim dengan Kepala Dinas Perindustrian NTB, Nuryanti, SE., ME di kantor Disperin NTB di Jalan Majapahit no 17 Mataram. “Pengembangan IKM merupakan salah satu tugas dan tujuan kami di Disperin NTB. Kedatangan teman-teman dari tim Geopark Rinjani merupakan sebuah kebanggan. Semakin banyak masyarakat yang ‘aware’ tentang pentingnya IKM bagi perekonomian menunjukkan bahwa industrialisasi di NTB semakin berkembang. ” Ungkap Nuryanti membuka diskusi.

Geopark dengan visi pelestarian kawasan Rinjani sebagai situs geologi dunia berpadu serasi dengan kontinuitas dan kuantitas bahan baku produk olahan IKM NTB. Sinergi ini harus dibangun di tingkat yang lebih konkrit. IKM NTB butuh bahan baku dari wilayah Rinjani, dan tim pengelola Geopark harus memastikan bahwa kebutuhan baku baku olahan tersebut harus memenuhi prinsip kelestarian, selain kebutuhan ekonomi tentu saja.

Konsep ini sangat menarik untuk didorong. Industrialisasi NTB yang berwawasan lingkungan. Industri hijau dari lereng Rinjani. Konsep industrialisasi NTB adalah konsep masa depan. Tentunya tidak bisa melupakan satu prinsip masa depan lainnya yaitu kelestarian dan konservasi lingkungan. Harus bisa diselaraskan. Untuk masa depan. Untuk NTB Gemilang.