24 Oktober 2020

Dinas Perindustrian NTB

| Industri Bergerak |

Lewat BMBI Fest, Disperin NTB Dorong Produk Mesin NTB Go Nasional dan Internasional

Kepala Bidang ILMATE dan Aneka, Hj Ely Suryani beserta tim mengikuti pembukaan Pameran Virtual BMBI Fest (Bangga Mesin Buatan Indonesia) Festival Tahun 2020, hari Selasa, 15 September 2020 yang berlangsung selama 3 (tiga) hari berturut-turut yaitu dari tanggal 15 s.d 17 September 2020. Kegiatan ini dibuka oleh Menteri Perindustrian RI Bapak Dr. Agus Gumiwang Kartasasmita, M.Si.

Festival bertujuan untuk memperluas komunikasi antar relasi bisnis, menjalin kerjasama dan melakukan transaksi bisnis dengan 7 (tujuh) kategori peralatan/permesinan, yaitu :

1. Mesin pengolahan makanan dan minuman

2. Mesin industri lainnya

3. Mesin/Alat Kesehatan

4. Elektronik/Kelistrikan

5. Alat/Mesin Teknologi Tinggi

6. Alat/Mesin Pertanian dan Perikanan

7. Alat transportasi

Pada pameran virtual kali ini juga dipamerkan produk-produk berbasis IoT (Internet of Things) buatan lokal IKM Indonesia. Festival Virtual BMBI 2020 ini menampung peralatan dan permesinan buatan Industri Kecil dan Menengah yang diikuti oleh 40 perusahaan lokal yang didukung penuh oleh Blibli.com sebagai salah satu marketplace terbesar di Indonesia sebagai media pameran dan penjualan produk IKM permesinan secara langsung kepada masyarakat.

Selain itu juga lembaga keuangan yang turut serta mendukung kegiatan ini adalah BRI yang merupakan lembaga BUMN perbankan dan menyasar seluruh pelosok Indonesia. Hal ini dirasakan akan berdampak pada pertumbuhan kegiatan ekonomi dan meningkatkan kemampuan IKM khususnya permesinan.

Berkaitan dengan hal tersebut, Dinas Perindustrian Provinsi NTB melalui Bidang Ilmate dan Aneka mendorong IKM-IKM NTB untuk mendaftarkan produk mesinnya di link http://esmartikm.kemenperin.go.id/ agar bisa dikurasi oleh pihak kementrian dan ke depannya produk IKM bisa masuk ke marketplace tersebut, sehingga pasar produk mesin IKM NTB bisa go nasional dan internasional.Yuk sobat industri, segera daftar link tersebut agar produk-produknya bisa masuk ke pasar yang lebih luas.