24 Oktober 2020

Dinas Perindustrian NTB

| Industri Bergerak |

Diskusi dengan Petani Tebu di Dompu, Nuryanti Dorong Keterlibatan dan Keaktifan Masyarakat

Di sela-sela kunjungan kerja Gubernur NTB ke industri gula PT. Sukses Mantap Sejahtera (SMS) Kab. Dompu, Kepala Dinas Perindustrian Prov NTB, Nuryanti, SE., ME mengadakan diskusi terbuka dengan beberapa perwakilan petani jagung dan petani tebu di wilayah Tambora – Dompu yang menjadi areal HGU industri gula oleh PT. SMS.

Dalam diskusi lapangan tersebut, para petani menjelaskan bahwa bertani tebu jauh lebih menguntungkan daripada bertani jagung. Dengan biaya pemeliharaan yang lebih murah, hasil yang didapatkan lebih besar.

Industri gula PT. SMS menerima tebu dari petani sesuai dengan ketentuan untuk diolah menjadi gula. Industri gula di kawasan Tambora Dompu ini sangat menjanjikan untuk didorong menjadi industri turunan berbasis tebu. Ruang pemberdayaan masyarakat semakin meningkat dan pemanfaatan potensi lokal pun semakin optimal.

Nuryanti menyampaikan agar masyarakat bisa aktif terlibat dan bisa bergabung di PT SMS sesuai dengan harapan Gubernur NTB.

Beliau juga menekankan agar fasilitas seperti pelatihan dan pemberdayaan yang difasilitasi oleh PT SMS dimanfaatkan dengan baik. Sesuai dengan yang disampaikan oleh Direksi PT SMS, bahwa PT SMS memiliki sejumlah program untuk mengembangkan masyarakat serta memberikan pelatihan dan pengetahuan kepada petani setempat. PT SMS juga melibatkan orang-orang yang tinggal di dekat lokasi perkebunan untuk menjadi mitra guna mendukung ketersedian tebu untuk stabilitas proses produksi.

Harapannya melalui keterlibatan tersebut, akan lahir ide-ide kreatif dan inovasi untuk pengembangan industri tebu dan turunannya dari masyarakat, sehingga tidak hanya akan mensejahterakan masyarakat tetapi juga sebagai sarana pemulihan ekonomi.

Industrialisasi NTB menuju NTB Gemilang.