24 Oktober 2020

Dinas Perindustrian NTB

| Industri Bergerak |

Kunjungan ke PT SMS Dompu, Pemerintah NTB Dorong Pengembangan Industri Turunan Tebu.

Untuk mendukung pengembangan industri gula dan industri turunannnya di NTB khususnya di Kabupaten Dompu, Gubernur NTB melakukan kunjungan kerja ke PT. SMS. Kunjungan kerja tersebut didampingi oleh Bupati Dompu dan jajaran Kepala OPD lingkup Pemprov NTB.

Kepala Disperin NTB selaku pengawal visi industrialisasi NTB ikut serta dalam kunjungan kerja tersebut. Industri turunan dari olahan tebu merupakan salah satu sasaran strategis yang ingin didorong dan dikembangkan. Dengan potensi tanaman tebu seluas 5000 Ha yang menjadi lahan HGU PT. SMS, jika potensi tebu ini dapat diolah menjadi gula dan produk turunan lainnya, tentunya akan menjadi salah satu peluang pemberdayaan masyarakat sekitar.

Hal ini senada dengan sambutan Bupati Dompu, H. Bambang Yasin. Beliau berharap agar seluruh masyarakat Dompu dapat berperan aktif dalam mendukumg pengembangan industri gula bersama PT. SMS ini. Bupati berharap bahwa peran pemerintah bersama masyarakat adalah untuk bersama-sama mensukseskan investasi yang masuk ke NTB, dengan tujuan utama mendorong pertumbuhan ekonomi daerah NTB secara keseluruhan.

Dalam koridor industrialisasi NTB, diversifikasi produk olahan dan industri turunan yang dihasilkan dari tebu yang dikelola oleh PT. SMS adalah tujuan utama. Bioetanol, pakan ternak,  dan beragam produk olahan lainnya harus didorong untuk mendorong tumbuhnya industri baru berbasis permesinan.

Industrialisasi NTB untuk NTB Gemilang.