24 Oktober 2020

Dinas Perindustrian NTB

| Industri Bergerak |

Monitoring IKM Eros Coffe Bima Untuk Fasilitasi Sertifikasi Halal

Kopi adalah komoditas unggulan NTB. Keunggulan tersebut menjadikannya terlibat dalam program JPS (Jaring Pengaman Sosial) NTB Gemilang beberapa waktu yang lalu. Mensuplai produk kopi untuk terlibat dalam program ini, menjadikan beberapa IKM Kopi di NTB mulai tumbuh dan menunjukkan nilai tambah yang signifikan.

Salah satu IKM kopi NTB yang dianggap berkontribusi adalah IKM Eros Coffe Desa Kananga Kab. Bima. Secara faktual, IKM Eros Coffe telah mendapatkan bantuan mesin roasting kopi dari Dinas Perindag Kabupaten Bima dan mesin sealer kemasan dari Dinas Perindustrian Prov NTB. Sarana permesinan tersebut digunakan untuk mengoptimalkan peran dan fungsi IKM Eros Coffe dalam pemenuhan kuota produksi pada waktu program JPS NTB Gemilang.

Untuk terus meningkatkan kualitas produksi IKM Eros Coffe, Disperin NTB memfasilitasi sertifikssi halal untuk produk IKM tersebut. Produk kopi yang dihasilkan akan disertifikasi Halal sebagai jaminan dari negara bahwa produk kopi tersebut selain nikmat tentunya layak untuk dikonsumsi publik di berbagai kalangan.

Sertifikat Halal sebuah produk IKM bukanlah rumus ajaib untuk membuat sebuah IKM menjadi besar. Namun setidaknya, sebuah produk IKM yang telah mendapatkan sertifikat Halal akan meningkat citranya sebagai produk IKM yang tidak mengandung unsur berbahaya dan layak untuk dikonsumsi publik.

Hal ini tentunya merupakan sebuah nilai tawar yang luar biasa bagi sebuah produk IKM NTB untuk lebih mampu bersaing di level yang lebih tinggi.

IKM NTB naik kelas. Menuju NTB Gemilang.