20 Mei 2024

Indonesia Fashion and Craft Awards 2023, Ajak Desainer Muda Berkarya

Subkoordinator Promosi Investasi Industri Ety Hartati, S.Si dan Staff Bidang Kerjasama Pengawasan Promosi Investasi Industri Ridho Apriyanto, S.T mengikuti pertemuan konferensi pers pelaksanaan Indonesia Fashion and Craft Awards (IFCA) Tahun 2023 secara daring melalui Zoom Meeting yang diselenggarakan oleh Direktorat Jendral Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian RI, Jumat, 18 Maret 2023.

Dalam strategi pembangunan ekonomi dan Industri di Indonesia, pengembangan industri kreatif adalah salah satu upaya untuk membangun ekonomi dan industri di Indonesia. Kementerian Perindustrian RI memiliki program Event Indonesia Fashion and Craft Awards (IFCA) untuk mendukung pengembangan industri kreatif di Indonesia.

Tujuan dari penyelenggaraan IFCA Tahun 2023 kali ini adalah mengajak para desainer muda Indonesia untuk berpartisipasi dalam gerakan kebersamaan dalam berkarya untuk menghasilkan desain produk inovatif yang memiliki dampak ekonomi, sosial maupun budaya.

Rangkaian IFCA 2023 terdiri dari sosialisasi program, launching program, pendaftaran, seleksi, coaching dalam beberapa tahap, sampai dengan awarding. Jadwal IFCA sendiri dimulai dari April sampai dengan tahapan Awarding pada Oktober 2023 nanti.

Adapun persyaratan untuk mendaftar dan mengikuti program IFCA ini adalah Warga Negara Indonesia, secara indiatau kelompok maksimal 5 orang, usia maksimal 35 tahun, praktisi desainer, pelaku IKM kreatif, Mahasiswa/i atau Siswa SMA/SMK, Karya yang diikutsertakan merupakan orisinil dan belum pernah dipublikasikan atau diikutsertakan pada kompetisi lainnya.

Manfaat yang akan diperoleh dari ajang kompetisi ini beragam, mulai dari berkesempatan mengikuti coaching di bidang Desain, Sustanability dan Business; Mendapatkan fasilitas pembiayaan pembuatan prototipe; Berkesempatan untuk mendapatkan akses ke pengrajin lokal dan akses pasar serta material branding; Serta menjadi binaan Direktorat Jendral IKMA Kemenperin.

Terakhir, pendaftaran Ajang kompetisi IFCA ini akan dibuka pada bulan Mei sampai dengan Juni 2023 dan diharapkan Dinas seluruh daerah Kab/Kota di Indonesia yang memiliki IKM binaan-binaan dapat mendaftarkan dan mengikutsertakan dalam kompetisi IFCA ini.