20 Mei 2024

Diskusi Terbatas terkait Perlindungan Konsumen terhadap Kandungan Berbahaya di Kosmetika

Kamis, 16 Maret 2023, Mewakili Kepala Dinas Perindustrian NTB, Subkoordinator Promosi Investasi Industri, Ety Hartati, S.Si dan Pejabat Fungsional Pembina Industri Misbah Ali Astanugraha, ST., MM menghadiri pertemuan Diskusi Terbatas terkait Perlindungan Konsumen terhadap Kandungan Berbahaya di Kosmetika yang diselenggarakan oleh Dinas Perdagangan NTB berlokasi di Kantor Gubernur.

Faktor perlindungan konsumen adalah salah satu faktor terpenting dari setiap produk yang telah beredar di pasaran bisa menjamin keamanannya. Salah satu jenis produk yang harus menjamin keamanannya terhadap konsumen yaitu produk kosmetik. Dinas Perdagangan NTB menyelenggarakan pertemuan diskusi ini bertujuan untuk meningkatkan perhatian terhadap kandungan berbahaya dalam produk kosmetik untuk menjamin perlindungan konsumen khususnya di wilayah NTB.

Dengan topik tersebut, Dinas Perindustrian NTB berperan dalam melakukan pendataan terhadap pelaku industri produk kosmetik yang ada di NTB untuk dapat melaporkan bahan baku produk yang digunakan untuk produksi melalui sistem aplikasi Industri Nasional atau SIINAS serta Dinas Perindustrian NTB juga harus dapat melakukan pengawasan, pendampingan, dan pembinaan terhadap perizinan dan sertifikasi pendukung terhadap pelaku industri kosmetik, seperti izin edar, sertifikasi halal, dan sertifikasi keamanan produk.

Dinas Perindustrian NTB juga memberikan saran kepada para OPD terkait untuk dapat melakukan suatu pencegahan seperti melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk teliti sebelum memberi produk salah satunya produk kosmetik serta melakukan sosialisasi kepada para pelaku industri untuk mengikuti peraturan yang ada dalam melakuka proses produksi sampai pemasaran produk dan memperhatikan keamanan konsumen.

Harapan Dinas Perindustrian NTB kepada Dinas Perdagangan NTB untuk dapat mengawasi produk impor yang masuk ke Indonesia khususnya wilayah NTB, serta mengawasi bahan baku produk yang berasal dari luar atau impor.