22 Oktober 2020

Dinas Perindustrian NTB

| Industri Bergerak |

Terima Kunjungan KNPI Dompu dan Komunitas Babuju, Nuryanti Tegaskan Pentingnya Peran Pemuda dalam Mendorong Industrialisasi NTB

Selasa, 08 September 2020, Kepala Dinas Perindustrian Propinsi NTB, Nuryanti, SE., ME menerima kunjungan dari KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) Kabupaten Dompu dan Komunitas Babuju Mandiri.  Komunitas Babuju Mandiri merupakan sayap dari Kominitas Babuju yang khusus menangani segala bentuk kegiatan Ekonomi dan pemberdayaan yang saat ini menjadi lokomotif 42 kelompok usaha di Bima, didirikan sejak tahun 2014. Hadir dalam kunjungan tersebut, Rangga Babuju (CEO Babuju Mandiri), Syarifudin (Ketua KNPI Kab Dompu), dan Firmansyah (Kabid SDM KNPI Kab Dompu).

Dalam kesempatan tersebut, Pak Syarifudin menyampaikan kondisi terkini kepengurusan serta Kegiatan KNPI Dompu dalam 6 bulan terakhir. Mulai dari kegiatan-kegiatan lomba hingga Seminar Kepemudaan. Pihak KNPI Dompu juga menyampaikan perlunya peningkatan produktifitas kepemudaan KNPI Dompu, yaitu soal entrepreneurship dan penetrasi Industrialisasi produk lokal yang ada.

Dompu merupakan daerah yang memiliki Sumber Daya Alam yang luar biasa. Dikepung oleh megaproject raksasa, yaitu KEK Tanjung Santong, KEK SAMOTA, PT Emas dan Tembaga Valle, Pabrik Minyak Kayu Putih, serta Pelabuhan Nusantara 6 di Kilo. Dompu adalah cikal bakal daerah dengan kemajuan yang pesat jika potensi daerahnya terus diasah.

Untuk itu, gerakan penguatan entrepreneurship menjadi penting dan harus diberi ruang apresiasi sehingga kreatifitas dan inovasi terbangun dengan cepat dan tepat oleh para generasi muda di bawah ‘Payung’ KNPI dengan memanfaatkan potensi SDA yang ada.

“Sudah saatnya anak-anak muda Dompu bergerak, terlepas dari wadah apapun namanya. Di Kilo ada 10 kelompok binaan Dinas Perindustrian Propinsi. Mereka mendapatkan bantuan alat dan mesin pengolahan ikan menjadi abon ikan. Tolong KNPI lacak dan dampingi mereka. “Ungkap Bu Yanti memberikan arahan kepada pemuda-pemuda Dompu.

Selain itu, Dompu memiliki Potensi madu yang cukup banyak. Pengemasan yang menarik harus terus diupayakan agar produk tersebut memiliki daya saing yang lebih tinggi. Perhatian pemerintah melalui bantuan-bantuan stimulan juga terus dilakukan untuk mendorong tumbuh kembangnya UMKM dan IKM di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Potensi yang harus terus dikembangkan adalah potensi jagung Dompu. Karena saat ini, jagung di NTB belum memiliki produk turunan. Ada beberapa produk turunan yang bisa dikembangkan dari jagung di antaranya minyak jagung, tepung jagung, dan gula jagung.  Potensi produk turunan dan diversifikasi produk itulah yang harus didorong oleh teman-teman KNPI dan Komunitas Babuju agar industri-industri berbasis rumah tangga dapat muncul dan berkembang dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya di Dompu.

“Pemuda adalah agen perubah yang memiliki potensi dan semangat yang tinggi. Oleh karena itu keterlibatan pemuda dalam pemberdayaan-pemberdayaan masyarakat, khususnya pemberdayaan ekonomi selalu kita support dan terus kita dorong. Kita percaya bahwa pemuda-pemudi NTB bisa menjadi salah satu motor penggerak berkembagnya industrialisasi di NTB ”