20 Mei 2024

Disperin NTB Terus Dorong Tingkatkan Kualitas IKM Peternak Ayam

Mewakili Kadisperin Prov. NTB, Kepala Bidang Sarana Prasarana & Pemberdayaan Industri, Aryanti Dwiyani, S. Pt., M. Pd menghadiri undangan Komisi II DPRD Prov. NTB terkait Permasalahan Peternak Ayam di NTB, berlokasi di Ruang Rapat Komisi II DPRD Provinsi NTB. Senin, 20 Maret 2023

Agenda rapat yang dihadiri oleh beberapa stakeholder terkait ini membahas penertiban dan pengawasan peredaran masuknya ayam ilegal (tanpa izin dan melebihi kuota) ke daerah NTB. Perlu adanya kerjasama antara peternak ayam dengan pelaku usaha ayam potong harus terjalin sehingga kedepannya tidak ada yang dirugikan.

Harapannya, turunan dari Pergub No. 4 Tahun 2020 untuk dibuatkan pergub tersendiri serta dapat lebih intens untuk dilakukan pengawasan dan pengaturan regulasi sehingga gejolah harga berada dibawah nilai produksi tidak terjadi lagi.

Pemerintah Provinsi NTB melalu Dinas Perindustrian Provinsi NTB terus berupaya mendorong peningkatan kualitas pelaku usaha kecil dan menengah (IKM) agar semakin berdaya saing. Salah satu program stimulus yang dilakukan yaitu dengan memberikan bantuan mesin/peralatan penetas telur kepada peternak untuk mempercepat proses penetasan bibit ayam.

Selain itu, bantuan mesin/perlatan Coldstorage (box pendingin) sebagai upaya penyimpanan ayam beku ketika hasil produksi berlimpah dan Hammermill (pemecah biji jagung) diberikan agar peternak bisa membuat pakan sendiri untuk menekan biaya pakan.