19 April 2021

Sepeda Listrik Punya Prospek Bagus Untuk Dikembangkan Di NTB

Atensi terhadap sepeda listrik NTB mendapat respon positif dari pihak civitas akademi UNRAM. Made Mara, ST., M.Sc, sebagai salah akademisi Permesinan dan Teknologi Permesinan Fakultas Teknik UNRAM menyampaikan opini terkait hal tersebut.
Made Mara menyampaikan bahwa prospek pengembangan sepeda listrik di NTB sangat bagus, sepanjang infrastruktur pendukung dilengkapi. Salah satunya adalah tempat charging kendaraan listrik pada lokasi-lokasi strategis. Hal ini penting untuk mobilisasi kendaraan, laiknya SPBU bagi kendaraan-kendaraan berbasis BBF.
Ide menarik lainnya dari salah satu pengajar pada FT UNRAM ini adalah menggunakan kendaraan listrik untuk operasional pelayanan publik. Kendaraan pengangkut sampah misalnya, bisa menggunakan kendaraan listrik roda tiga. Hal ini jelas untuk menunjukkan keberpihakan terhadap produsen kendaraan listrik di NTB.
Keberpihakan Pemprov NTB dan stakeholders lain menjadi urgen. Karena itulah yang mendorong kepercayaan diri IKM NTB. Keberpihakan dalam bentuk konkrit. Dalam bentuk stimulus dan dukungan nyata lainnya. “Pakai dulu produk kita, sambil belajar membuat yang lebih baik”, demikian Made Mara memberikan kutipan penutup yang menjadi inspirasi bagi kita semua.
Menggunakan produk lokal NTB adalah bentuk keberpihakan tersebut. Seluruh pihak bisa terlibat didalamnya. Untuk bersama-sama menggunakan produk IKM NTB. Mungkin belum dalam bentuk sepeda, motor dan mobil listrik. Minimal dengan menggunakan produk kuliner lokal NTB dan produk kerajinan lainnya. Gerakan ini harus terus disuarakan. Untuk mendorong tumbuh kembang IKM NTB. Agar lebih berdaya saing. Untuk NTB Gemilang.
#NTBLawanCorona
#Industrialisasi
#CintaidanBeliProdukNTB
#PertumbuhanIndustri
#IKMnaikKelas
#STIPInovatif
#BalaiKemasan
#NTBSejahteraDanMandiri
#NTBGemilang
#DariNTBUntukIndonesia