24 Mei 2024

400 UMKM Akan Terima NIB di Festival UMKM Inkreanesia

Senin 20 Maret 2023 Pejabat pengelola Data Lalu Efendi Hidayat MM mewakili kepala dinas perindustrian provinsi NTB menghadiri acara pembukaan Festival UMKM Inkreanesia yang dilaksanakan di area Camping Ground Mahallo Cafe Loyok.

Kegiatan ini di hadir oleh Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB Baiq Nelly Yuniatri, A. P, M. Si sekaligus membuka acara, hadir juga perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa Kependudukan dan pencatatan sipil NTB, Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Lombok Timur, Dinas Kesehatan Lombok Timur dan Dinas Perdagangan Kabupaten Lombok Timur dan hadir 400 pelaku UMKM yang akan menerima NIB melalui komunitas UMKM Inkreanesia.

Kepala Dinas Perdagangan dalam kesempatan nya mengajak para peserta untuk meningkatkan potensi prodak-prodak Desa Loyok dan melakukan pengurusan legalitas produk agar UMKM Loyok bisa menembus perdagangan Jawa atau luar daerah, oleh karena itu diadakan festival ini untuk mempermudah pengurusan suarat ijin bagi para pelaku UMKM.

Selain itu dalam sambutannya beliau mengatakan dengan melihat potensi pertanian di desa-desa di NTB khususnya loyok, menjaga Kontinuitas petani dalam menyiapkan bahan baku dan komoditi untuk UMKM perlu dijaga, karena banyak pengalaman yang tidak bisa berlanjut dari program2 pedagangan hanya karena kurang siap dari bahan baku.

Salah satu cara menjaga kontinuitas dan kemandirian petani dalam menyiapkan bahan baku tentunya adalah dengan menyiapkan pelaku UMKM dan IKM yang akan mengolah bahan baku tersebut, ini adalah ikhtiar bersama menuju NTB gemilang