14 Juli 2024

Mahasiswa Unram Belajar Mikrobiologi Pangan di Rumah Kemasan Steril

Kunjungan Studi Mahasiswa-mahasiswi Program Studi Biologi Fakultas MIPA Universitas Mataram didampingi Dr. Sarkono sebagai dosen pengampu pada mata kuliah Mikrobiologi Pangan di Balai Kemasan disambut hangat Kepala Balai Kemasan Produk Daerah Dinas Perindustrian NTB Drs. Agus Supriyanto, Apt bersama Kepala Seksi Pendidikan Pelatihan dan Promosi Heldy Sardianto, ST., M.M.Innov pada Jumat, 24 Maret 2023

Kepala Seksi Pendidikan Pelatihan dan Promosi menjelaskan terkait pengemasan sederhana menggunakan alat vacuum sekaligus mengajak Mahasiswa-mahasiswi tersebut mengunjungi Rumah Kemasan Steril yang di resmikan langsung oleh Gubernur NTB pada bulan Desember tahun lalu.

20 mahasiswa yang berkunjung mengambil mata kuliah peminatan mikrobiologi pangan dan belajar terkait bagaimana proses pengawetan bahan pangan, pengemasan bahan pangan yang mengurangi jumlah mikroba dalam bahan pangan sehingga aman dikonsumsi dan memperlambat masa simpan produk sebab bahan pangan steril sekalipun jika tidak terkemas dengan baik maka akan dengan cepat terkontaminasi.

Kepala Balai Kemasan juga berpesan bahwa Balai Kemasan terbuka bila ada kerjasama yang bisa dirintis bersama mahasiswa atau pihak Universitas apalagi terdapat program MBKM yang menuntut mahasiswa dapat belajar hal yang lebih nyata selama menempuh pendidikan sehingga siap kerja dan siap latih pasca lulus dari perguruan tinggi.