29 Oktober 2020

Dinas Perindustrian NTB

| Industri Bergerak |

Minyak Lawang : Kearifan Lokal Tana Samawa

Potensi alam NTB memang luar biasa. Tersebar di P. Lombok dan P. Sumbawa. Potensi produk olahan menjadi beragam. Termasuk produksi minyak tradisoonal seperti minyak lawang
Minyak Lawang merupakan warisan tradisional dari Tana Samawa. Dibuat dari ramuan akar tumbuh2an. Warisan masa lalu yang harus dilestarikan. Dalam konteks kekinian tentu saja. Visi pembangunan setinggi apapun tentunya tidak boleh melupakan akar budaya nenek moyang. Melestarikan budaya ditengah modernitas, itulah isu strategisnya.
UD RAFI, salah satu IKM yang bergerak di sektor pengolahan minyak lawang. Minyak lawang yang digunakan sebagai obat gosok luar ini oleh UD Rafi saat ini sedang diurus perizinannya. Membangun kembali branding masa lalu di masa kini. Mulia sekali usaha IKM ini.
Usaha pelestarian budaya masa lalu melalui olahan minyak lawang ini adalah tantangan baru dalam konsep industrialisasi NTB. Bagaimana menggunakan basis permesinan dalam konteks pengolahannya adalah inovasi besar. Dengan tidak mengurangi khasiat tentunya. Strategi peningkatan nilai tambah produk minyak Lawang. Dari Tana Samawa.
Upaya IKM UD Rafi dalam pengurusan legalitas sesuai ketentuan ini tentunya patut mendapat atensi. Ditengah hingar bingar modernitas, olahan akar tumbuhan seperti minyak lawang sepertinya terlupakan. Upaya menghidupkannya kembali adalah sebuah tantangan. Memadukannya dengan permesinan adalah peluang untuk membuatnya kembali eksis. Suara masa lalu untuk masa depan. Masa depan NTB Gemilang.
#NTBLawanCorona
#Industrialisasi
#CintaidanBeliProdukNTB
#PertumbuhanIndustri
#IKMnaikKelas
#STIPInovatif
#BalaiKemasan
#NTBSejahteraDanMandiri
#NTBGemilang
#DariNTBUntukIndonesia