24 Mei 2024

Imtaq Rutin Disperin NTB Bahas Keutamaan Ibadah Puasa

Dinas Perindustrian Provinsi NTB melakukan imtaq rutin bertempat di Mushalla An-Nur pada hari Jumat (24/03), pada kesempatan kali ini membahas tentang Keutamaan Ibadah Puasa oleh Ketua MUI Kecamatan Ampenan, Fitrah Saputra, S. Pd.

Ibadah puasa itu memiliki beberapa keutamaan dibanding ibadah lain yang ada didalam rukun islam seperti sholat, zakat, haji. Adapun keutamaannya antara lain, puasa adalah ibadah yg paling panjang durasinya, karena panjang puasa menjadi ibadah yang berat. Itulah kenapa khittabnya ditunjukkan kepada orang yang beriman. Modal pertama adalah keimanan dan modal kedua memerlukan keikhlasan.

Keutamaan lainnya, puasa adalah ibadah rahasia (tidak bisa dijadikan sebagai ibadah gaya gayaan) selain itu tidak ada bedanya casing orang puasa dan tidak. Ibadah puasa juga menggabungkan antara ibadah jasadiyah (tubuh) dan maknawiyah (batin).

Di Bulan Ramadhan banyak sekali Allah berikan pahala. Diamnya orang puasa itu tasbih, puasanya orang puasa itu ibadah. Kalau diniatkan tidurnya untuk kebaikan dan menghindari pergibahan akan bernilai ibadah. Dikatakan tidur itu ibadah ketika dia lelah beribadah, kalau pembanding nya lebih buruk.