17 Juni 2024

Gandeng OJK dan BEI, Kadisperin Bahas NTB HIP dan SIMANIS

Senin, 28 Maret 2023 bertempat di Co-Working Kantor Dinas Perindustrian NTB, menggandeng OJK dan BEI, Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB bersama Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Industri serta tim melakukan rapat koordinasi dan sinergi program/kegiatan dalam rangka memberikan dukungan khususnya terkait dengan inovasi kegiatan Dinas Perindustrian NTB yaitu NTB HIP dan pengembangan SIMANIS. Dalam hal ini dihadiri Kepala OJK NTB, Rico Rinaldy dan Head Of Representative Office Bursa Efek Indonesia Gusti Bagus Ngurah Putra Sandiana.

Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas memaparkan dengan inovasi program/kegiatan Dinas Perindustrian Provinsi NTB diantaranya adalah Rencana Pembangunan NTB Halal Industrial Park (HIP) dan Sosialisasi Aplikasi SIMANIS.

Kadisperin menjelaskan bahwa NTB HIP merupakan suatu wadah pemusatan kegiatan industri serta ekosistemnya yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana penunjang serta kemudahan aksesibilitas transportasi yang berwawasan lingkungan serta terjamin halal dalam semua tahapan prosesnya. Progres pembangunan NTB HIP saat ini sudah sampai tahap AMDAL pembebasan lahan dan sudah memiliki regulasi terkait road mapnya.

Dukungan OJK dan lembaga keuangan lainnya sangat diperlukan sehingga realisasi dari pemusatan industri dapat segera terealisasikan dan mampu memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat. Disela kegiatan Kepala OJK memberikan saran untuk melakukan pendalaman terkait sumberdaya baik bahan baku dan teknologi serta SDM yg akan mengisi NTB HIP nantinya.

Selain itu Nuryanti juga menyampaikan terkait dengan aplikasi SIMANIS yang merupakan salah satu sistem informasi industri yang bertujuan untuk merangkum data pelaku industri di NTB yang diharapkan mampu untuk memberikan informasi kepada semua pihak serta sebagai aksesibiltas kepada pelaku Industri Kecil Menengah di NTB untuk kemudahan akses pembiayan dari lembaga perbankan dan keuangan dalam rangka meningkatkan produktivitas dan pengembangan IKM di NTB untuk dapat naik kelas kedepannya.

Kemudian diakhir sesi rapat Rico Rinaldy dan Gusti Bagus Ngurah Putra Sandiana meninjau Produk IKM di gallery industry Dinas Perindustrian NTB.