7 Mei 2021

DUKUNG PROGRAM ZERO WASTE NTB 2023, DINAS PERINDUSTRIAN PROVINSI NTB GELAR PELATIHAN PENGOLAHAN LIMBAH PLASTIK & LIMBAH SABUT KELAPA

Sebagai bentuk dukungan dalam program unggulan Zero Waste NTB Bebas Sampah 2023 dalam koridor industrialisasi, Dinas Perindustrian Provinsi NTB menyelenggarakan Pelatihan Pengolahan Limbah Plastik Dan Limbah Sabut Kelapa Menjadi Pernak-pernik dan Hiasan Kerajinan Hasil Olahan.

Pelatihan ini berlangsung selama 5 hari dari tanggal 22 s/d 26 Juni 2020 dan dibuka oleh Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, NURYANTI, SE., ME. Dalam sambutannya, Kepala Dinas Perindustrian menyampaikan bahwa kelapa adalah salah satu komoditas yang memiliki nilai tambah tinggi karena seluruh komponennya bisa dimanfaatkan dengan baik dan masing-masing memiliki nilai jual yang juga tinggi jika bisa diolah dan dimanfaatkan dengan baik. Demikian pula dengan plastik, pengolahan limbah plastik menjadi pernak-pernik kerajinan diharapkan dapat menjadi salah satu sektor ekonomi baru dalam mendukung pertumbuhan ekonomi khususnya ekonomi sektor IKM di Provinsi NTB.

Beliau pun menjeaskan bahwa seluruh produk olahan yang dihasilkan sebagai output pelatihan ini dapat menjadi salah satu ikon NTB dalam perhelatan MotoGP di Sirkuit KEK Mandalika yang direncanakan tahun 2021 nanti. Selain tentunya menampilkan produk-produk olahan lain dari seluruh IKM NTB yang dapat menjadi salah satu daya tarik wisatawan dalam mendukung kembali pertumbuhan sektor wisata yang sempat menurun selama pandemi COVID-19 ini.

Produk olahan sabut kelapa dan plastik ini mungkin saja belum sebaik dan sebagus buatan pabrik dan industri besar. Namun sebagai bentuk keberpihakan kepada kawan-kawan IKM NTB, mari lah secara bersama-sama kita gunakan, beli dan cintai produk lokal IKM NTB. Kalau bukan kita, siapa lagi. Jika bukan sekarang, kapan lagi.