14 Juli 2024

Mahasiswa Magang Akutansi Unram Persentasikan Forecasting Untuk Pendampingan IKM

Sub Koordinator Pengembangan Teknologi Industri, Kreatifitas dan Inovasi, L. Efendi Hidayat, ST., MM., didampingi Nazmul Wathan, M.Sc mengikuti kegiatan persentasi oleh Mahasiswa Magang Prodi Akutansi Unram di Dinas Perindustrian Provinsi NTB terkait dengan Forecasting berbasis Microsoft Exel.

Forecasting adalah salah satu metode untuk melakukan perencanaan serta pengendalian produksi. Selain itu, forecasting juga didefinisikan sebagai alat bantu untuk melakukan perencanaan yang efektif dan efisien. Umumnya, kegiatan forecasting ini dilakukan oleh bagian pemasaran sehingga hasilnya sering disebut ramalan permintaan. Kemudian, hasil tersebut yang akan digunakan sebagai informasi untuk menentukan aktivitas perusahaan.

Kedepannya, forecasting ini akan digunakan untuk mendampingi IKM yang masuk kedalam kategori startup. Selain itu akan dilakukan identifikasi IKM sesuai modul ekselarator, pendampingan di digital marketing, pendampingan BMC serta pelaporan sesuai format yang telah di bagikan. Para mahasiswa dibagi menjadi 4 kelompok dan masing masing kelompok akan mendampingi 3 IKM.