22 April 2024

Ironman 70.3 Spot Kebangkitan UMKM NTB

Kejuaraan triathlon Ironman 70.3 siap digelar di Lombok, Nusa Tenggara Barat pada 8 Oktober mendatang setelah sempat tertunda dua tahun karena pandemi COVID-19.

Ironman 70.3 yang merupakan ajang olahraga yang menggabungkan olahraga renang, sepeda, dan lari itu seharusnya berlangsung pada Juli 2020 kemudian diundur ke Juli 2021, lalu dijadwal ulang lagi ke Juli 2022 sebelum akhirnya benar-benar baru bisa digelar pada Oktober nanti.

Pejabat fungsional Pembina Industri / sub koordinator promosi investasi industri Ety Hartati, S.Si menghadiri rapat lanjutan persiapan pelaksanaan event IROMAN 70.3 bertempat di kantor Dinas Pariwisata Prov. NTB (05/09/2022).

Rapat lanjutan ini dihadiri oleh dinas terkait dan pihak penyelenggara ISM dan Rapat ini merupakan rapat level bidang yaitu bidang atraksi dan e-kraf

Nantinya dititik utama ada sekitar 30 tenda UMKM yang akan memeriahkan event Ironman 70.3 Lombok, pameran umkm dilakukan pada tanggal 7 s.d 8 Oktober, loding barang mulai pagi s/d sore tgl 6 oktober, dengan komposisi 60% makanan dan 40% e-kraf. Selain di titik utama, pameran disiapkan di area pasar seni Senggigi, di taman malomba depan OJK, di Lobar bangkit skuer, di bundaran batujai Lombok tengah.

Adapun tugas dari masing-masing opd terkait antara lain:

  1. Dinas Pariwisata : mengkoordinasi semua kegiatan di bidang atraksi dan e-kraf
  2. Dinas perindustrian, Diskop UMKM : menyiapkan IKM /UMKM peserta pameran di titik utama.
  3. Dikbud NTB : menyiapkan personil perfoma
  4. Dinas pariwisata kab-kota (Mataram, Lobar dan loteng ) : menyiapkan space hiburan dimasing-masing titik yg telah ditentukan, dan UMKM
  5. Dinas sosial NTB dan dinas perdagangan : menyiapkan tenda UMKM

Ironman 70.3 Lombok akan dimulai dengan renang sejauh 1,9km di pantai Holiday Resort, Lombok.

Selanjutnya, para peserta akan bersepeda sejauh 90,1km dari Senggigi menuju Mataram. Dalam rute tersebut, para peserta akan melalui perjalanan yang indah dengan pemandangan garis pantai Lombok serta pemandangan alam di sekitar Gunung Rinjani.

Terakhir, para peserta akan mengikuti half marathon dari Senggigi ke Holiday Resort dengan jarak 21,1km.

Triathlon Ironman 70.3 diselenggarakan oleh World Triathlon Corporation (WTC) dan telah digelar di 55 negara di Afrika, Asia, Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Oseania.