21 September 2020

Dinas Perindustrian NTB

Industri Bergerak | Ekonomi Meningkat | Masyarakat Sejahtera

Geliat Industri Logam dan Mesin Binaan Disperindag Lombok Barat

Satu lagi IKM Las binaan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Lombok Barat yang layak diberikan apresiasi karena inovasi-inovasi yang dilakukan dalam industri logam dan mesin, khususnya industri Teknologi Tepat Guna.

IKM Las SERBA GUNA merupakan salah satu IKM unggulan Disperindag Lobar yang beralamat di Dusun Kekeri, Desa Kekeri, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat.

Produk yang dihasilkan di antaranya mesin penepung, mesin perontok jagung, mesin pemipil jagung, mesin perampek padi dan beberapa mesin lainnya. Produk yang dihasilkan banyak diminati sampai di luar Kabupaten Lombok Barat. Hal ini terbukti dari banyaknya permintaan akan produk-produk tersebut dan saat ini sudah bermitra dengan toko pertanian yang ada di seputaran Kota Mataram (Cakra dan Sweta).

Keunggulan dari IKM SERBA GUNA selain produk yang berkualitas yaitu adanya Service After Sale. Masyarakat yang membeli bisa mendapatkan servis gratis. Jika menggunakan produk-produk luar daerah, masyarakat atau mitra akan kesulitan jika ada komplain dari pelanggan.

Kebutuhan akan mesin-mesin di atas sangat tinggi di NTB, khususnya di Lombok. Dan hal tersebut merupakan pasar dan peluang yang tinggi bagi para pelaku industri mesin ini.

Disperindag Lobar sebagai Dinas teknis yang menangani ini tentunya akan terus mendorong IKM untuk selalu berinovasi sehingga menjadi tuan rumah di daerah sendiri, di antaranya melalui pelatihan, workshop, pameran, dan bantuan peralatan.

Terlebih dengan adanya Gerakan yang sudah dicanangkan oleh Disperindag Lobar beberapa tahun yaitu “ AYO PAKAI PRODUK LOMBOK BARAT”. Gerakan ini harus masif tidak bisa berjalan sendiri.

Kalau bukan kita siapa lagi. Kalau bukan kita kapan lagi

Mari kita cintai, beli, dan gunakan produk lokal.