8 Agustus 2020

Dinas Perindustrian NTB

Industri Bergerak | Ekonomi Meningkat | Masyarakat Sejahtera

Dinas Perindustrian Provinsi NTB Dorong Ekonomi Kreatif Melalui Kekayaan Intelektual Desain Industri

Penyampaian materi oleh Kepala Dinas perindustrian NTB yg diwakili oleh Kabid Kreatif Lalu Lutfi dalam acara Kegiatan Promosi dan Diseminasi Kekayaan Intelektual Desain Industri dengan tema Mendorong Ekonomi Kreatif Melalui Kekayaan Intelektual Desain Industri yang diadakan oleh Kanwil Kementrian Hukum dan HAM (Mataram, 07/07/2020)

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Mataram Drs. Andi Dharif Rafied, M.Si dan dihadiri sebanyak 35 orang peserta yg berasal dari aparat pemerintah, asosiasi/lembaga, dan perwakilan IKM/UKM NTB.

Dalam kegiatan tersebut, Lalu Lutfi menyampaikan paparan terkait perlindungan hak dan usaha melalui Kekayaan Intelektual, khususnya desain industri sesuai dengan amanat UU Nomor 31 Tahun 2000 tentang Desain Industri dalam rangka mencegah dan menyelesaikan terjadinya sengketa di bidang Desain Industri.

“Kami berharap teman-teman IKM bisa segera mendaftarkan desain industrinya, karena industri ekonomi kreatif ke depannya akan menjadi salah satu motor penggerak bagi perekonomian Indonesia di tengah perlambatan ekonomi global di masa pandemic covid -19 ini.” Ungkap Lalu Lutfi

Dengan potensi market yang besar, serta munculnya generasi milenial, subsektor seperti desain komunikasi visual memiliki potensi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif.

Ekonomi kreatif juga dinilai mampu memberikan dampak besar terhadap subsektor ekonomi kreatif lainnya, misalnya kuliner, fashion, kriya dan sebagainya. Sehingga bukti kepemilikan menjadi sesuatu yang urgen bagi para IKM, agar tidak ada hasil karya IKM yang diplagiasi dan diakui pihak lain.

#NTBLawanCorona
#Industrialisasi 
#CintaidanBeliProdukNTB
#PertumbuhanIndustri
#IKMnaikKelas
#NTBMandiridanSejahtera
#NTBGemilang
#DariNTBUntukIndonesia#