21 Februari 2024

Kabalai Kemasan Dukung Siswa SMK Terjun ke Dunia Industri

Kepala Balai Kemasan Produk Daerah Drs. Agus Supriyanto, Apt bersama Kasi Pelatihan dan Promosi Heldy Sardianto, M.M.Inov dan staf Balai Kemasan Zahrul Martayadi S.STP, Dico Muhammad, S.Tr.IP menjadi narasumber dalam Program Link & Match Kurikulum SMK dengan Kebutuhan Dunia Usaha Dunia Industri yang bertempat di SMKN 2 Mataram (8/11/2022).

Kepala Balai Kemasan membuka kegiatan dengan memberikan semangat dan motivasi kepada siswa SMK agar memaksimalkan kemampuan, menggali potensi mereka dibidang usaha serta melihat kesempatan dan peluang yang ada. Kabalai Kemasan juga menyampaikan bahwa kantor Balai Kemasan membuka peluang PKL untuk siswa yang berminat belajar lebih dalam terkait kemasan

Kasi pelatihan dan promosi Heldy Sardianto, M.M.Inov selanjutnya memberikan materi terkait kemasan. Pengemasan adalah perihal penting dalam memasarkan produk dan tentunya dengan kemasan dapat menjaga produk dari segala hal yang dapat merubah rasa atau warna produk tersebut.

“Label juga diperlukan pada kemasan seperti Nama, Logo, PIRT, Halal, kode produksi dan exp dll, maka akan sangat mudah pemasaran produk sehingga konsumen akan ingat dan hafal produknya walau hanya dari kemasan saja” Ungkapnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan alat kemasan sekaligus praktek kemasan steril oleh Zahrul Martayadi menggunakan Hand sealer dan Vacum sealer. Siswa-siswi dan guru-guru SMK 2 Mataram juga diberikan kesempatan untuk praktek langsung cara pengoperasian alat kemasan tersebut.

Diakhir acara beberapa siswa diminta oleh Kabalai untuk memperkenalkan produk milik mereka dan praktek cara mempromosikan produk. Kegiatan ditutup dengan foto bersama staf balai kemasan, siswa-siswi dan guru-guru SMK 2 Mataram